Strategi bimbingan penyuluhan Islam dalam memotivasi belajar membaca Al-Qur’an pada ibu-ibu Majlis Ta’lim Nur Huda Kelurahan Pudakpayung Kecamatan Banyumanik

Kholil, Muhammad (2022) Strategi bimbingan penyuluhan Islam dalam memotivasi belajar membaca Al-Qur’an pada ibu-ibu Majlis Ta’lim Nur Huda Kelurahan Pudakpayung Kecamatan Banyumanik. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1501016087_Muhammad_Kholil] Text (Skripsi_1501016087_Muhammad_Kholil)
Skripsi_1501016087_Muhammad_Kholil.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Strategi Bimbingan Penyuluhan Islam dalam Memotivasi Belajar Membaca Al-Qur’an Pada Ibu-ibu Majlis Ta’lim Nur Huda Kelurahan Pudakpayung Kecamatan Banyumanik ini dilatarbelakangi oleh kondisi motivasi belajar membaca al-Qur’an yang masih rendah karena minder dan malu belum bisa membaca al-Qur’an dan usia sudah relatif tua. Mereka sangat membutuhkan strategi bimbingan penyuluhan Islam untuk meningkatkan motivasi belajar membaca al-Quran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Kondisi motivasi belajar membaca al-Qur’an ibu-ibu di majelis ta’lim Nur Huda Kelurahan Pudakpayung Kecamatan Bayumanik (2) Strategi bimbingan penyuluhan Islam yang diterapkan dalam memotivasi belajar membaca al-Qur’an ibu-ibu di majelis ta’lim Nur Huda Kelurahan Pudakpayung Kecamatan Bayumanik.
Adapun metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observassi, wawancara, dan dokumentasi. Pemeriksaan dan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui pengamatan dan triangulasi data. Sedangkan teknik analisis data dilakukan dengan beberapa tahap dimulai dari reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kondisi motivasi belajar membaca al-Qur’an ibu-ibu majelis ta’lim Nur Huda yang rendah. Ditandai dengan adanya rasa malu dan minder dengan anggota jamaah yang lain karena belum bisa membaca dan usianya sudah tua. Selanjutnya strategi bimbingan penyuluhan Islam yang diterapkan menggunakan strategi tilawah, tazkiyah dan ta’lim. Strategi tilawah dilakukan dengan cara ibu-ibu jamaah membaca al-Qur’an secara bergantian dan disimak oleh penyuluh, setelah itu ketika ada kesalahan maka dibenarkan bacaannya. Strategi tazkiyah digunakan untuk memotivasi dan membersihkan sifat dan perilaku ibu-ibu jamaah yang menimbulkan rasa tidak semangat dalam belajar. Sedangkan strategi ta’lim digunakan untuk mengajarkan materi yang berkaitan tentang al-Qur’an seperti tajwid dan makharijul khuruf.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Strategi Bimbingan Penyuluhan Islam; Motivasi Belajar; Membaca Al-Quran
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70232 - Bimbingan dan Penyuluhan Islam (BPI)
Depositing User: Putri Ayu Novita
Date Deposited: 28 Sep 2022 10:42
Last Modified: 28 Sep 2022 10:42
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16956

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics