Analisis wacana kepemimpinan non muslim rubrik “Misi Musuh di Negeri Muslim” Majalah Cahaya Nabawiy Edisi – 127 Mei 2014 dalam perspektif dakwah

Qudsiyah, Imamatul (2022) Analisis wacana kepemimpinan non muslim rubrik “Misi Musuh di Negeri Muslim” Majalah Cahaya Nabawiy Edisi – 127 Mei 2014 dalam perspektif dakwah. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1501026075_Imamatul_Qudsiyah] Text (Skripsi_1501026075_Imamatul_Qudsiyah)
Skripsi_1501026075_Imamatul_Qudsiyah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui, mendeskripsikan, dan menganalisis konstruksi wacana yang terdapat dalam rubrik opini majalah Cahaya Nabawiy edisi – 127 mengenai opini redaktur perihal akan diangkatnya wakil gubernur Basuki Tjahaya Purnama (Ahok) sebagai gubernur DKI Jakarta menggantikan Joko Widodo yang kala itu akan menyalonkan diri sebagai presiden pada Pilpres 2014. Dalam penelitian ini penulis menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan wacana model Teun A. Van Dijk. Dalam model ini, analisis bukan pada teks semata, namun juga aspek konteks sosial dan kognisi sosial turut dianalisis.
Objek material yang penulis gunakan adalah Majalah Cahaya Nabawiy Edisi – 127 Mei 2014, sedangkan objek formal yang penulis ingin teliti adalah mengenai kepemimpinan non muslim dalam pandangan dakwah.
Majalah Cahaya Nabawiy memberikan perhatian lebih terhadap pemberitaan mengenai Joko Widodo yang pada saat itu menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta memutuskan untuk menyalonkan diri sebagai calon presiden dalam Pilpres 2014. Karena itu menyebarlah berita bahwa yang sebelumnya menjadi wakil gubernurnya yakni Basuki Tjahaya Purnama (Ahok) akan menggantikan Jokowi sebagai gubernur DKI Jakarta. Hal ini menjadi sorotan banyak pihak tak terkecuali tim redaksi majalah Cahaya Nabawiy yang memang kritis menanggapi isu yang sedang hangat di tengah masyarakat.
Konstruksi wacana yang dibangun Cahaya Nabawiy tentang rubrik bayan berjudul “Misi Musuh di Negeri Muslim” yaitu, adanya pihak yang kontra terhadap pergantian Ahok menjadi gubernur DKI Jakarta dari kelompok yang merasa kurang senang atas hal itu menunjukkan Cahaya Nabawiy mempunyai keberpihakan lebih pada kelompok ini. Hal itu diperkuat dengan opini redakturnya yang amat menyayangkan adanya pergantian tersebut.
Kognisi sosial yang melibatkan individu atau kelompok redaktur rubrik menunjukkan adanya persamaan ideologi media yang ikut mempengaruhi proses penyajian berita. Cahaya Nabawiy yang sejak awal kemunculannya selalu menampilkan citra islam yang religius. Oleh karena itu, apa yang redaktur sampaikan dalam rubrik opini itu penulis rasa sangat sejalan dengan ideologi yang ingin Cahaya Nabawiy tonjolkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Analisis Wacana; Kepemimpinan; Rubrik Opini; Dakwah; Majalah
Subjects: 000 Computer science, information, general works > 070 News media, journalism, publishing
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Alifia Fara Azzahra
Date Deposited: 29 Sep 2022 02:02
Last Modified: 29 Sep 2022 02:02
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16959

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics