Peran pendamping lokal desa (PLD) dalam pemberdayaan masyarakat melalui pasar tradisional Desa Sumowono Kecamatan Sumowono Kabupaten Semarang

Setiawan, M. Qori’ (2022) Peran pendamping lokal desa (PLD) dalam pemberdayaan masyarakat melalui pasar tradisional Desa Sumowono Kecamatan Sumowono Kabupaten Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1501046070_M_Qori_Setiawan] Text (Skripsi_1501046070_M_Qori_Setiawan)
Skripsi_1501046070_M_Qori_Setiawan.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Peran Pendamping Lokal Desa (PLD) Desa Sumowono melalui Pasar Desa Sumowono, Kecamatan Sumowono, Kabupaten Semarang Jawa Tengah. Isi penelitian berupa peran PLD dalam pemberdayaan masyarkat melalui pasar tradisional serta faktor-faktor hambatan-hambatan dalam pemberdayaan.
Metode pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah kualitatif dengan analisis deskriptif, fokus penelitian peran PLD dalam pemberdayaan masyarakat Desa Sumowono melalui pasar tradisional dengan tori peran dan pemberdayaan masyarakatDalam penelitian ini tersusun dua rumusan masalah yaitu Bagaiman Peran Pendamping Lokal Desa (PLD) dalam Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pasar Tradisional Desa Sumowono dan Fakto-fakto Apa Saja yang Menjadi Penghambat PLD Dalam Pemberdayaan Masyarakat melalui Pasar Tradisional?
Hasil penelitian dapat disimpukan bahwa, Pertama, berdasarkan data yang diperoleh di lapangan baik itu hasil wawancara dengan pihak-pihak terkait bahwa pemberdayaan yang dilakukan PLD melalui pasar tradisional adalah dengan mengorganisir Pasar Desa Sumowono yang sebelumnya tata kelolanya belum mumpuni kemudian diorganisir melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Pembentukan BUMDes dilakukan melalui musyawarah desa dengan melibatkan unsur-unsur terkait, dari pembentukan BUMDes tersebut akhirnya revitalisasi Pasar Desa Sumowono tercapai. Kedua, hambatan yang ditemui PLD dalam pemberdayaan masyarakat melalui pasar tradisional adalah adanya konflik yang terjadi dalam pengelolaan pasar, sehingga pada masa awal adanya gagasan revitalisasi terdapat masyarakat yang menolak, untuk mengatasi permasalahan tersebut PLD melakukan sosialisasi kepada semua masyarakat sehingga pada tahun 2021 BUMDes resmi berdiri dan menjado pengelolas Pasar Desa Sumowono.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pendamping Lokal Desa (PLD); Pasar tradisional; Pemberdayaan masyarakat
Subjects: 300 Social sciences > 360 Social services; association > 361 General social problems and services
300 Social sciences > 380 Commerce, communications, transport > 381 Internal commerce (Domestic trade)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70231 - Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Vania Syifaul
Date Deposited: 28 Sep 2022 10:29
Last Modified: 28 Sep 2022 10:29
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16962

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics