Pemberdayaan masyarakat oleh Komunitas Rumah Belajar Ilalang di Desa Kecapi Kecamatan Tahunan Kabupaten Jepara

Ali, Muh. Hafidz Syaifullah (2022) Pemberdayaan masyarakat oleh Komunitas Rumah Belajar Ilalang di Desa Kecapi Kecamatan Tahunan Kabupaten Jepara. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1701046053_M_Hafidz_Syaifullah_Ali] Text (Skripsi_1701046053_M_Hafidz_Syaifullah_Ali)
Skripsi_1701046053 _M_Hafidz_Syaifullah_Ali.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Hal ini berarti pendidikan nonformal memiliki peran penting dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa terutama dalam memberikan layanan pendidikan bagi warga masyarakat. Pendidikan non formal berupa Taman Bacaan Masyarakat adalah sebuah lembaga atau unit layanan berbagai kebutuhan bahan bacaan yang dibutuhkan dan berguna bagi setiap orang atau sekelompok masyarakat di desa atau kota, dalam rangka meningkatkan minat baca dan mewujudkan masyarakat berbudaya baca.Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1). Bagaimana proses pemberdayaan masyarakat oleh Komunitas Rumah Belajar Ilalang di Desa Kecapi Kecamatan Tahunan Kabupaten Jepara. 2). Bagaimana hasil pemberdayaan masyarakat oleh Komunitas Rumah Belajar Ilalang di Desa Kecapi Kecamatan Tahunan Kabupaten Jepara.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pemberdayaan masyarakat oleh Komunitas Rumah Belajar Ilalang di Desa Kecapi Kecamatan Tahunan Kabupaten Jepara dan untuk mengetahui hasil pemberdayaan masyarakat oleh Komunitas Rumah Belajar Ilalang di Desa Kecapi Kecamatan Tahunan Kabupaten Jepara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Serta teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan Conclusion Drawing/verification.
Hasil penelitian menunjukkan dua hal sebagai berikut: pertama, proses pemberdayaan masyarakat oleh Komunitas Rumah Belajar Ilalang di Desa Kecapi Kecamatan Tahunan Kabupaten Jepara yakni 1). Sosialisasi RBI terhadap masyarakat. 2). Adanya partisipasi dari masyarakat. 3). Memberikan motivasi dan dukungan kepada masyarakat. 4). Meningkatkan pemahaman dan wawasan melalui minat membaca. 5). Memberikan pendidikan yang terbaik kepada masyarakat. 6). Memberikan lahan RBI sebagai tempat belajar dan peningkatan skill masyarakat melalui komunitas Rumah Belajar Ilalang. Kedua, hasil pemberdayaan masyarakat oleh Komunitas Rumah Belajar Ilalang di Desa Kecapi Kecamatan Tahunan Kabupaten Jepara yaitu 1). Adanya peningkatan keterampilan yang dirasakan oleh masyarat. 2). Mampu menerapkan ilmu yang telah diperoleh di RBI. 3). Terbantu dalam peningkatan pendidikan yang lebih baik. 4). Meningkatnya minat membaca anak dan remaja. 5). Peningkatan ekonomi masyarakat di desa Kecapi kecamatan Tahunan kabupaten Jepara.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan masyarakat; Komunitas Rumah Belajar Ilalang
Subjects: 300 Social sciences > 307 Communities
300 Social sciences > 360 Social services; association > 362 Social welfare problems and services
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70231 - Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Vania Syifaul
Date Deposited: 29 Sep 2022 07:37
Last Modified: 29 Sep 2022 07:37
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16972

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics