Strategi pelayanan prima biro perjalanan umrah Rima Tour Semarang di masa pandemi

Aisy, Sania Rihadatul (2022) Strategi pelayanan prima biro perjalanan umrah Rima Tour Semarang di masa pandemi. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1701056040_ Sania_Rihadatul_Aisy] Text (Skripsi_1701056040_ Sania_Rihadatul_Aisy)
Skripsi_1701056040_ Sania_Rihadatul_Aisy.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Indonesia merupakan Negara dengan jumlah penduduk muslim terbesar di dunia. Ibadah umroh dan haji menjadi salah satu kewajiban umat muslim yang mampu. Hal ini menjadikan peranan biro umrah dan haji penting berperan dalam ikut menyelenggarakan ibadah tersebut. Pelayanan yang diberikan biro dapat mempengaruhi keberlangsungan keberadaan biro karena berkaitan dengan kepercayaan jemaah yang dilayani. Adanya pelayanan prima di masa pandemi covid-19, perusahaan biro umrah harus tetap memberikan pelayanan terbaiknya yang sesuai dengan aturan pemerintah. Maka, pelaksanaan ibadah umrah di masa pandemi membutuhkan strategi yang harus dijalanankan agar dengan adanya strategi pelayanan prima perusahaan dapat berkembang dan jemaah dapat percaya dari pengelolaan pelayanan Rima Tour Semarang.
Penjelasan latar belakang tersebut terdapat rumusan masalah yang berkaitan bagaimana strategi pelayanan prima Rima Tour Semarang di masa pandemi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan terkait strategi pelayanan prima di masa pandemi covid-19. Penelitian ini menggunakan metode penilitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data-data yang diperoleh yakni dari dokumen-dokumen tertulis maupun informasi dari pimpinan, customer service, serta jemaahnya yang berkaitan dengan strategi pelayanan prima pada masa pandemi di Rima Tour Semarang.
Hasil penelitian diperoleh informasi bahwa strategi pelayanan prima yang dilaksanakan biro Rima Tour Semarang yaitu dengan pemberian layanan prima meliputi pendaftaran secara langsung, selain itu jemaah juga bisa mendaftar umrah secara online yang akan dipermudah dari bantuan pihak Rima Tour. Bimbingan manasik umrah saat pandemi prosesnya dilakukan secara privat bertemu langsung di rumah calon jemaah sehingga tetap patuh protokol kesehatan pandemi covid-19 dan mempermudah calon jemaah memahami proses pelaksanaan ibadah umrah. Tanggung jawab pelayanan Rima Tour diterapkan dalam trasnportasi, akomodasi, konsumsi, dan kesehatan secara khusus yang diberikan selalu mengutamakan protokol kesehatan dalam menangani covid-19. Dengan begitu adanya strategi pelayanan prima dapat menjadikan kepercayaan jemaah serta membentuk loyalitas pelanggan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pelayanan prima; Biro perjalanan; Umrah; Pandemi
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.3 Islamic Worship / Ibadah > 297.35 Sacred places. Pilgrims
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing management (pemasaran, distribusi)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 76201 - Manajemen Haji dan Umrah
Depositing User: Tiara Muna
Date Deposited: 29 Sep 2022 07:48
Last Modified: 29 Sep 2022 07:48
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16981

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics