Bimbingan sosial untuk meningkatkan keterampilan komunikasi interpersonal di Panti Pelayanan Anak Kasih Mesra Demak

Pradasari, Indah Riza (2022) Bimbingan sosial untuk meningkatkan keterampilan komunikasi interpersonal di Panti Pelayanan Anak Kasih Mesra Demak. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripspi_1501016135_Indah_Riza_Pradasari] Text (Skripspi_1501016135_Indah_Riza_Pradasari)
Skripsi_1501016135_Indah_Riza_Pradasari.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini di latarbelakangi oleh kondisi penerima manfaat yang tinggal di panti, dan mereka diharuskan untuk bisa berkomunikasi dengan baik kepada seluruh penghuni panti. Mereka harus bisa mengikuti semua aturan yang ada di panti. Namun dikarenakan latar belakang mereka yang berbeda- beda maka, tidak semua penerima manfaat yang ada di panti bisa berkomunikasi dengan baik. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bimbingan sosial untuk meningkatkan keterampilan komunikasi interpersonal di panti Pelayanan Anak Kasih Mesra Demak.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, dengan objek penelitiannya adalah penerima manfaat dan pembimbing yang ada di panti pelayanan anak Kasih Mesra Demak. Dengan teknik pengumpulan data yanh digunakan adalah observasi, wawancara. Teknik analisis adalah mengolah data dan menganalisis data- data yang terkumpul menjadi data yang sistematik, teratur, terstruktur dan mempunyai makna.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada kesulitan dalam berkomunikasi yang didapat bahwa anak-anak yang kebanyakan remaja ini dalam segi kesopanan terlihat kurang. Kesopanan dalam bertutur kata, bertingkahlaku maupun berpakaian. Komunikasi interpersonal secara positif memberikan konstribusi dalam mengurangi beban psikologi dan menekan sumber tekanan emosi individu, selanjutnya dapat berfungsi mencapai keharmonisan sosial, membentuk emosi yang menyenangkan, keamanan dan ketenangan. Bimbingan sosial yang dilakukan di panti Kasih Mesra Demak Bertujuan untuk meningkatkan keterampilan komunikasi interpersonal pada anak asuh, melalui bimbingan kerjasama, bimbingan dinamika kelompok dan bimbingan peran yang dilakukan di panti dapat terbentuk hubungan interpersonal yang melibatkan adanya perasaan saling memahami, mengerti, menerima, empati, saling terbuka dan adanya mekanisme persahabatan dan pertemanan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Bimbingan sosial; Komunikasi interpersonal; Panti pelayanan anak
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
300 Social sciences > 302 Social interaction > 302.2 Komunikasi > 302.22 Kinds of communication
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70232 - Bimbingan dan Penyuluhan Islam (BPI)
Depositing User: Putri Ayu Novita
Date Deposited: 29 Sep 2022 08:09
Last Modified: 29 Sep 2022 08:09
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16982

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics