Respon viewers terhadap konten dakwah Wirda Mansur melalui video blog di Youtube

Rizki, Eva Rossevatu (2022) Respon viewers terhadap konten dakwah Wirda Mansur melalui video blog di Youtube. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1501026114] Text (Skripsi_1501026114)
Skripsi_1501026114_EVA_ROSSEVATU_RIZKI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Hadirnya beraneka ragam media sosial pada era digital merupakan sarana yang seharusnya dimanfaatkan secara optimal dalam kegiatan dakwah. Pengguna media sosial di Indonesia adalah salah satu pengguna terbanyak di dunia dan tentunya akan terus berkembang. Salah satu media sosial yang sedang digemari oleh masyarakat sekarang ini adalah Youtube. Dan salah satu konten yang sedang digandrungi dikalangan masyarakat adalah video blog atau biasa disebut vlog. Perkembangan Youtube dari berbagai kalangan meningkat secara signifikan setiap tahunnya, mempermudah para pendakwah menyampaikan dakwahnya kepada masyarakat luas kapanpun dan dimanapun. Salah satu content creator dan dai’ah muda yang menggunakan Youtube sebagai media dakwah adalah Wirda Mansur. Alasan Wirda membuat konten dakwah sendiri adalah karena Wirda merasa kebanyakan konten vlog yang disuguhkan content creator lain hanya bersifat hiburan oleh karena itu ia ingin menyajikan konten yang berbeda. Hampir semua vlog yang diunggah di channel youtubenya merupakan video dakwah yang positif, informati dan edukatif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui respon viewers terhadap konten dakwah Wirda Mansur melalui video blog di Youtube.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan analisis netnografi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan yaitu analisis Miles and Huberman yakni analisis data kualitatif yang dilakukan secara interaktif dan berlangsung terus-menerus sampai tuntas.
Hasil dari penelitian ini, setelah viewers menonton konten dakwah Wirda Mansur, dilihat dari indikator respon kognitif adalah positif. Sebagian besar viewers berterimaksih karena berkat menonton video Wirda mereka mendapatkan ilmu dan pengetahuan baru. Dilihat dari indikator respon afektif adalah positif. Viewers mengalami perubahan emosi dan sikap setelah menonton vlog Wirda, mereka membenarkan bahwamateri yang Wirda sampaikan benar adanya. Dan meskipun ada beberapa yang kurang setuju dengan statment Wirda mereka tetap menerima dengan baik dan memberikan saran di kolom komentar. Dan dilihat dari indikator respon konatif adalah positif. Viewers mengimplementasikan materi yang Wirda sampaikan dalam kehidupan sehari-hari

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Respon; Veiewer; Konten dakwah; Youtube; Wirda Mansur
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Alifia Fara Azzahra
Date Deposited: 29 Sep 2022 08:15
Last Modified: 29 Sep 2022 08:15
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16986

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics