Implementasi program keluarga harapan dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Kelurahan Tambakaji Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang

Noviany, Dinna Sixteen (2022) Implementasi program keluarga harapan dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Kelurahan Tambakaji Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1701046067_Dinna_Sixteen_Noviany] Text (Skripsi_1701046067_Dinna_Sixteen_Noviany)
Skripsi_1701046067_Dinna_Sixteen_Noviany.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Kemiskinan adalah fenomena, fakta yang belum terhapus dari muka bumi dan tidak akan hilang. Kemiskinan juga merupakan kondisi suatu masyarakat yang tidak mampu memenuhi kebutuhan pokoknya seperti pangan, sandang, tempat tinggal, pendidikan, dan kesehatan. Dalam penanggulangan kemiskinan upaya pemerintah adalah menetapkan Program Keluarga Harapan pada tahun 2007. Program Keluarga Harapan adalah istilah yang mengacu pada program jaminan sosial yang memberikan bantuan tunai kepada Keluarga Sangat Miskin (KSM) dan tanggungannya. Dengan dilaksanakannya PKH diharapkan dapat membantu meningkatkan taraf kesejahteraan sosial, pendidikan, dan kesehatan pada KSM. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menelaah implementasi dan mengetahui manfaat Program Keluarga Harapan dalam emningkatkan kesejahteraan masyarakat di Kelurahan Tambakaji Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang.
Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu 1) Bagaimana implementasi Program Keluarga Harapan (PKH) di Kelurahan Tambakaji Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang. 2) Bagaimana manfaat Program Keluarga Harapan dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Kelurahan Tambakaji Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang. Peneliti menggunakan penelitian kaualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penulis menganalisi data dengan mereduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil dari penelitian: Pelaksanaan Program Keluarga Harapan di Kelurahan Tambakaji sudah cukup mampu dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang kurang mampu karena kebutuhan pokok dan tingkat kehidupan sudah terpenuhi. Dilihat dari Family Development Session Adapun manfaat PKH adalah sebagai berikut: Terlindunginya Keluarga Penerima Manfaat di Kelurahan Tambakaji dari berbagai resiko sehingga terhindar dari kemiskinan yang berkelanjutan. Dalam jangka pendek memberikan income effect seperti pengurangan beban pengeluaran rumah tangga miskin. Namun, dari hasil penelitian ini pendataan penerima PKH belum menyeluruh dan untuk jangka panjang PKH belum bisa mengentas kemiskinan secara keseluruhan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Program; Keluarga harapan; Kesejahteraan masyarakat
Subjects: 300 Social sciences > 360 Social services; association > 362 Social welfare problems and services
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70231 - Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Vania Syifaul
Date Deposited: 29 Sep 2022 08:23
Last Modified: 29 Sep 2022 08:23
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16991

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics