Teknik penyampaian pesan dakwah dalam Film Ajari Aku Islam

Kaharudin, Yusup (2022) Teknik penyampaian pesan dakwah dalam Film Ajari Aku Islam. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1501026144_YUSUP_KAHARUDIN] Text (Skripsi_1501026144_YUSUP_KAHARUDIN)
Skripsi_1501026144_YUSUP_KAHARUDIN.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Dakwah melalui media film harus menggunakan beberapa metode dan teknik dalam penyampaiannya dengan tujuan supaya pesan dakwah yang disampaikan dapat dengan mudah untuk dipahami oleh penonton-nya. Permasalahan yang penulis angkat dalam skripsi ini adalah tentang bagaimana teknik penyampaian pesan dakwah dalam film Ajari Aku Islam karena menurut penulis film ini menarik untuk dijadikan bahan penelitian yang berkaitan dengan teknik penyampaian pesan dalam film.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif bersifat deskriptif dan sumber data yang diperoleh adalah dari file video film Ajari Aku Islam yang di unduh dari aplikasi WeTV. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis isi menurut Miles dan Hubermen, Adapun unit analisis yang diolah pada tahap analisis yaitu dengan menganalisis teknik penyampaian pada film Ajari Aku Islam dengan unsur-unsur teknik penyampaian pesan dalam film yaitu dari segi audio meliputi : dialog dan tata suara sedangkan dari segi visual meliputi : adegan dan lokasi. Scene yang diteliti dalam film ini hanya yang mengandung pesan dakwah yang berkaitan dengan materi akidah, syariah dan akhlak.
Hasil penelitian diperoleh dalam film Ajari Aku Islam terdapat teknik penyampaian pesan dakwah dari segi audio yaitu melalui dialog yang terdapat dalam scene 23 tentang mencari imam yang seagama, Scene 27 tentang berkata jujur. Scene 33 tentang menghindari fitnah, scene 36 tentang niat ikhlas membantu hanya karena Allah Swt. Scene 40 tentang meninggal dalam keadaan Islam. Teknik penyampaian pesan dakwah melalui tata suara terdapat dalam scene 21 tantang suka dengan suara adzan, scene 20 yaitu sound track film lagu Ajari Aku Islam yang berjudul ana uhibuka fillah. Teknik penyampaian pesan dakwah dari segi visual yaitu melalui adegan terdapat dalam scene 12 tentang kewajiban menutut ilmu, scene 19 tentang bersabar dalam menghadapi ujian. Scene 7 menjaga kesucian masjid. Scene 5 tentang membantu sesama. Teknik penyampaian pesan dakwah melalui lokasi/latar terdapat dalam scene 6 yaitu menampilkan masjid seabagai tempat ibadah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Strategi dakwah; Pesan dakwah; Media dakwah; Film; Ajari Aku Islam
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
700 The arts > 790 Recreational and performing arts > 791 Public performances
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Alifia Fara Azzahra
Date Deposited: 29 Sep 2022 08:34
Last Modified: 29 Sep 2022 08:34
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16993

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics