Nilai-nilai filosofi dalam tradisi Midang di Desa Tlogorejo Kecamatan Tegowanu Kabupaten Grobogan Purwodadi

Hudha, Ahmad Nurul (2022) Nilai-nilai filosofi dalam tradisi Midang di Desa Tlogorejo Kecamatan Tegowanu Kabupaten Grobogan Purwodadi. Undergraduate (S1) thesis, Univesitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1504016062_Ahmad_Nurul_Hudha] Text (Skripsi_1504016062_Ahmad_Nurul_Hudha)
Skripsi_1504016062_Ahmad_Nurul_Hudha.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Kebudayaan menggambarkan keseluruhan buah fikir dan hasil karya manusia untuk mencukupi kebutuhan dengan cara melaksanakan suatu hal yang terstruktur dalam menjalani kehidupan. Sebagai tradisi, para leluhur begitu banyak meninggalkan nilai-nilai yang bisa kita teladani dalam menjalani kehidupan sehari-hari, hal ini menjadikan nilai-nilai tersebut menjadi suatu tradisi didalam masyarakat. Penelitian ini berusaha menganalisis nilai-nilai filosofis dalam tradisi midang di desa Tlogorejo Kecamatan Tegowanu Kabupaten Grobogan, membahas tentang nilai-nilai yang terkandung dalam filosofi tradisi Midang itu sendiri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan midang dan nazar dalam masyarakat Purwodadi. Sedangkan nazar adalah ziarah makam Kyai Joko Suro pada setiap hari Jumat Wage untuk mengharapkan sesuatu yang ditujukan kepada Allah SWT dengan berwasilah kepada kyai Joko Suro dan setelah hal tersebut terpenuhi maka masyarakat yang memiliki keinginan melakukan ritual ziarah kepada kyai Joko Suro. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dimana data yang dihasilkan berupa deskriptif bukan data numerik, serta menggunakan penelitian lapangan (field research) yang memaparkan fenomena yang terjadi dilapangan. Data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah data yang diperoleh dari observasi secara langsung pelaksanaan tradisi Midang yang ada di desa Tlogorejo Kecamatan Tegowanu Kabupaten Grobogan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa makna Filosofi yang terkandung dalam Tradisi Midang ini ialah ketika seseorang mempunyai hajat, nazar ataupun keinginan lalu mereka melakukan ziarah kubur ke makan Joko Suro yang berada di Desa Tlogorejo Tegowanu Grobogan Purwodadi untuk meminta bantuan, meminta pertolongan semata-mata hanya kepada Allah SWT tetapi melewati Joko Suro dengan cara melakukan tradisi-tradisi yang sudah ada.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Tradisi Midang; Ziarah makam; Filsafat Islam
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.3 Islamic Worship / Ibadah > 297.39 Other Practices (Incl. Halal Food, Syirik, Munafiq)
300 Social sciences > 390 Customs, etiquette, folklore > 392 Customs of life cycle and domestic life
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > 76237 - Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Zara Hafidhany
Date Deposited: 29 Sep 2022 08:36
Last Modified: 29 Sep 2022 08:36
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16997

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics