Nilai-nilai filosofis dalam novel "Nyala Ganda Cinta dan Erotisisme" karya Octavio Paz

Fransiska, Dessi Audina (2022) Nilai-nilai filosofis dalam novel "Nyala Ganda Cinta dan Erotisisme" karya Octavio Paz. Undergraduate (S1) thesis, Univesitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1504016065_Dessi_Audina_Fransiska] Text (Skripsi_1504016065_Dessi_Audina_Fransiska)
Skripsi_1504016065_Dessi_Audina_Fransiska.pdf - Accepted Version

Download (1MB)

Abstract

Cinta menjadi suatu topik yang dibicarakan oleh setiap kalangan,baik yang tua ataupun muda. Tanpa batas orang selalu mendefinisikan cinta. Cinta juga menjadi pembahasan yang menarik di kalangan para filsuf, tidak sedikit filsuf yang membahas cinta dalam pemikirannya. Cinta memiliki makna positif dan kebaikan.
Cinta dan erotisisme menjadi suatu permasalahan karena seringkali disangkut pautkan dan hal ini menimbulkan kekeliuran dan kerancuan pemakaian.
Kekeliruan berpengaruh dalam cara pandang pemahaman dan penghayatan serta nilai yang terkandung didalamnya.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana cinta dan erotisisme sendiri dalam Novel Nyala Ganda cinta dan Erotisisme disertai nilai yang terkandung dalam novel tersebut. Jenis penelitian yang digunakan dalam menyusun skripsi ini adalah penelitian kualitatif yang bersifat deskritif dan komparatif serta merupakan metode penelitian yang digunakan untuk meneliti penelitian yang sifatnya kepustakaan, ditinjau menggunakan Novel Nyala Ganda Cinta dan Erotisisme karya Octavio paz dari segi pandang tokoh filsafat.
Dari penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan dalam Novel Nyala Ganda Cinta dan Erotisisme karya Octavio paz terdapat suatu nilai cinta dan erotisisme para filosof islam dan filosof barat lainnya agar lebih memahami makna dari cinta dan erotisisme terdapat sebuah persahabatan, kesetiaan, kekeluargaan dan kasih yang luas terhadap suatu makhluk.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Cinta; Erotisisme; Novel; Octavio Paz
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 102 Miscellany of philosophy
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > 76237 - Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Zara Hafidhany
Date Deposited: 01 Oct 2022 07:40
Last Modified: 01 Oct 2022 07:40
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16999

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics