Akibat hukum perkawinan usia dini ditinjau dari konsep samara

Almas, Ita Qonita (2022) Akibat hukum perkawinan usia dini ditinjau dari konsep samara. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1502016120_Ita_Qonita_Almas] Text (Skripsi_1502016120_Ita_Qonita_Almas)
Skripsi_1502016120_Ita_Qonita_Almas.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (927kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Akibat Hukum Perkawinan Usia Dini Ditinjau Dari Konsep Samara (Studi Kasus Di Kua Kecamatan Suradadi Kab. Tegal)” di latar belakangi oleh fenomena pernikahan dini yang masih terjadi di wilayah Kecamatan Suradadi Kabupaten Tegal. Perkawinan usia dini. Perkawinan yang terjadi disebabkan beberapa faktor baik faktor internal maupun eksternal. Problematika yang ditimbulkan perkawinan usia dini masih sedikit dipahami oleh masyarakat, baik dari segi ekonomi, psikologi maupun pendidikan.
Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana terjadinya perkawinan usia dini di wilayah KUA kec. Suradadi? 2) Bagaimana problematika hukum keluarga pada perkawinan usia dini relevansinya dengan tujuan perkawinan?
Skripsi ini adalah skripsi penelitian kualitatif dengan metode pengumpulan datanya berupa penelitian lapangan, kemudian dianalisis menghasilkan data berbentuk deskriptif berupa pernyataan-pernyataan atau kata-kata.
Adapun hasil penelitian dalam skripsi ini adanya faktor pemicu terjadinya perkawinan usia dini, antara lain: 1) Pendidikan yang rendah, 2) Pendidikan orang tua, 3) Pola asuh pendidikan agama, 4) Budaya keluarga dengan pernikahan dini. Perkawinan usia dini tidak sejalan dengan tujuan perkawinan yang bahagia dan kekal sesuai yang tercantum dalam undang-undang, karena perkawinan usia dini lebih banyak menimbulkan kerugian bagi pelaku perkawinan usia dini baik dari kesehatan, ekonomi yang belum stabil, dan mental.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Problematika; Perkawinan usia dini; Tujuan perkawinan; Samara
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.57 Religious experience, life, practice > 297.577 Marriage and family life
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74230 - Hukum Keluarga Islam (Ahwal al-Syakhsiyyah)
Depositing User: Vania Syifaul
Date Deposited: 01 Oct 2022 07:48
Last Modified: 01 Oct 2022 07:48
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17005

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics