Tinjauan hukum Islam terhadap praktek jual beli jasa lewat fitur delivery food dengan cara bayar Doku Wallet dalam aplikasi Maxim

Abrori, Muhamad Fadhol (2022) Tinjauan hukum Islam terhadap praktek jual beli jasa lewat fitur delivery food dengan cara bayar Doku Wallet dalam aplikasi Maxim. Undergraduate (S1) thesis, Univesitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1602036091_Muhamad_Fadhol_Abrori] Text (Skripsi_1602036091_Muhamad_Fadhol_Abrori)
Skripsi_1602036091_Muhamad_Fadhol_Abrori.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh praktek jual beli atau perdagangan online melalui aplikasi maxim. Praktik jual beli tidak ada kejelasan akad jual beli yang sesuai dengan hukum Islam. Akad yang dipakai tentunya harus menurut syarat-syarat yang telah ditentukan dalam syari’at Islam. Jual beli online termasuk jenis usaha yang menguntungkan, sehingga jual beli dengan pesanan dapat dilakukan melalui aplikasi maxim bagi usaha yang sudah terdaftar dalam aplikasi tersebut, dan akad jual beli dengan pesaanan tentunya harus menurut syarat-syarat yang telah ditentukan dalam syari’at Islam.
Berdasarkan latar belakang di atas maka dalam penelitian ini terdapat dua rumusan masalah. Pertama, Bagaimana mekanisme jual beli jasa lewat fitur Delivery Food dengan cara bayar Doku Wallet dalam aplikasi Maxim. Kedua, Bagaimana Tinjauan Hukum Islam terhadap jual beli jasa lewat fitur Delivery Food dengan cara bayar Doku Wallet dalam aplikasi Maxim. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian normatif-empiris, penelitian yang berdasarkan data primer dengan cara observasi dan wawancara terstruktur dan dokumentasi, kemudian analisis data dilakukan dengan memilih hal pokok yang bersumber dari tempat penelitian dan selanjutnya membandingkanya dengan teori dan dalil yang ada dengan menggunakan analisis deskriptif.
Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa. Pertama, Praktik Pemesanan makanan melalui Delivery Food & Shop pada aplikasi Maxim Sebelum memesankan makanannya driver menanyakan kepada konsumen untuk mengkonfirmasi bahwa pesanan makanan tersebut sesuai yang diinginkan oleh konsumen sehingga tidak terjadi kesalahan. Setelah pemesanan selesai kemudian terdapat pembayaran secara tunai dan non tunai. Kedua, pratek pesan makanan melalui Delivery food & shop pada aplikasi maxim yaitu menggunakan akad ijarah. Aqid yakni mu’jir (orang yang menyewakan) adalah driver Ojek online dan musta’jir (orang yang menyewa) adalah para pelanggan layanan Delivery Food & Shop. Sighat, yaitu ijab dan qabul-nya terjadi pada sistem aplikasi online Delivery Food & Shop pada aplikasi Maxim yang dilakukan oleh pelanggan dengan driver. Ujrah (upah) tarif driver ditentukan oleh aplikasi Delivery Food & Shop sesuai jarak antara warung/restoran menuju lokasi pengiriman, bisa diberikan kepadanya oleh penyewa jasa (pelanggan) di awal akad dengan Dompet elektronik (Doku wallet) atau di akhir akad dengan uang tunai.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Jual beli jasa; Delivery food; Doku Wallet; Maxim; Ujrah; Hukum Islam
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
300 Social sciences > 380 Commerce, communications, transport > 381 Internal commerce (Domestic trade)
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > 76237 - Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Zara Hafidhany
Date Deposited: 02 Oct 2022 13:43
Last Modified: 02 Oct 2022 13:43
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17009

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics