Implementasi fungsi actuating dakwah di Lembaga Pemasyarakatan Perempuan kelas IIA Semarang

Mualidah, Nur (2022) Implementasi fungsi actuating dakwah di Lembaga Pemasyarakatan Perempuan kelas IIA Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1601036045_Nur_Mualidah] Text (Skripsi_1601036045_Nur_Mualidah)
Skripsi_1601036045_Nur_Mualidah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Nur Mualidah (1601036045). Penelitian ini berjudul “Implementasi Fungsi Actuating Dakwah Di Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Kelas II A Semarang.”
Lembaga Pemasyarakatan merupakan salah satu unit pelaksana teknis dari jajaran Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia yang mempunyai tugas pokok melaksanakan pemasyarakatan warga binaan atau anak didik. Sebagai sebuah Lembaga Pembinaan sekaligus institusi penegak hukum, Lembaga Pemasyarakatan menjadi bagian Integrated Criminal Justice System. Selain peranannya sebagai penegak hukum, Lembaga Pemasyarakatan memiliki peranan strategis dalam pembentukan Sumber Daya Manusia (SDM) yang mandiri, bertanggung jawab, berkualitas dan bermartabat. Rumusan masalah dari penelitian ini yaitu: Apa saja program kegiatan dakwah yang ada di Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Kelas II A Semarang, dan bagaimana implementasi fungsi actuating dakwah di Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Kelas II A Semarang.
Penelitian ini memiliki beberapa tujuan yang hendak dicapai, yakni sebagai berikut: Dapat mengetahui program kegiatan dakwah yang dilaksanakan di Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Kelas II A Semarang dan dapat mendeskripsikan implementasi fungsi actuating dakwah pada warga binaan di Lembaga Pemasyarakatan Perempuan kelas II A Semarang.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Hasil dari analisis kegiatan dakwah di Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Kelas IA Semarang yaitu kegiatan yang dilaksanakan berupa kegiatan sholat jamaah, kegiatan sholat tasbih, kegiatan baca tulis Al Qur’an, kegiatan kajian ilmu tauhid, kegiatan fiqih Islam, kegiatan tarikhslam, kegiatan pembinaan akhlak, kegiatan taushiyah, kegiatan istighosah dan terakhir kegiatan yasin dan tahlil. 2) Hasil dari analisis implementasi fungsi actuating dakwah di Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Kelas IIA Semarang poin proses actuating yaitu berupa pemberian motivasi, bimbingan, menjalin hubungan dan terakhir penyelenggaraan komunikasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Warga binaan; Lembaga pemasyarakatan; Dakwah; Actuating; Perempuan
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
300 Social sciences > 360 Social services; association > 365 Penal and related institutions
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD)
Depositing User: Erica Visiyam
Date Deposited: 02 Oct 2022 13:55
Last Modified: 05 Oct 2022 08:49
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17014

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics