Nilai dakwah dalam buku “Saya Pamit” jilid I karya Ria Ricis

Wati, Mia (2022) Nilai dakwah dalam buku “Saya Pamit” jilid I karya Ria Ricis. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1601026104_Mia_Wati] Text (Skripsi_1601026104_Mia_Wati)
Skripsi_1601026104_Mia_Wati.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

“Saya Pamit” merupakan buku yang menceritakan pengalaman pribadi pengarang dalam melewati masa kelamnya sampai bangkit dalam menghadapi masalah. Buku ini dapat menginspirasi banyak orang dan juga terdapat nilai dakwah di dalamnya.tahun 2019 buku “Saya Pamit” sangat di gemari dan best seller. Berdasarkan latar belakang tersebut peneliti merumuskan masalah apa nilai-nilai dakwah dalam buku “Saya Pamit” jilid I karya Ria Ricis?.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganilisis nilai dakwah yang terkandung dalam buku “Saya Pamit” Jilid I. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan sifat deskriptif dan menggunakan analisis isi. Adapun unit analisisnya sumber informasi yang akan diolah pada tahap analisis, dengan menganalisis nilai – nilai dakwah dalam Buku Saya Pamit. Metode pengumpulan data yang digunakan penulis adalah dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan adanya nilai-nilai dakwah ke dalam lima aspek yaitu nilai kedisiplinan (Q.S Asr: 1-3), nilai kejujuran (Q.S Az-Zumar: 33) , nilai kerja keras (Q.S Al-Insyirah: 7), nilai kompetisi (Q.S Al- Muthaffifin: 22-26) nilai kebersihan (Q.S Al-muddatsir: 1-7). Nilai kedisiplinan terkait dengan managemen waktu. Nilai kejujuran suatu sikap yang lurus hati, menyatakan sebenar-benarnya dan tidak berbohong. Nilai kerja keras perilaku yang menunjukkan upaya sungguh-sungguh dalam meDngatasi berbagai hambatan dan tugas dengan sebaik-baiknya, nilai kompetisi persaingan dalam berlomba-lomba dalam kebaikan. Nilai kebersihan memberikan ketenangan di dunia dan keberuntungan di akhirat

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Nilai Dakwah; Media dakwah; Buku; Ria Ricis
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Alifia Fara Azzahra
Date Deposited: 02 Oct 2022 14:03
Last Modified: 02 Oct 2022 14:03
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17016

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics