Analisis body shaming dalam film “Imperfect” perspektif Islam

Nabila, Farhany Ghina (2021) Analisis body shaming dalam film “Imperfect” perspektif Islam. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skirpsi_1601026130_Farhany_Ghina_Nabila] Text (Skirpsi_1601026130_Farhany_Ghina_Nabila)
Skripsi_1601026126_NADA_ISMAH_SAJIDAH.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Ada 966 kasus body shaming di Indonesia pada tahun 2018. Menurut survei Body Peace Resolution yang dilakukan oleh Yahoo ditemukan bahwa 94 persen remaja putri telah mengalami tindakan body shaming, sementara remaja putra hanya 64 persen. Jadi secara umum body shaming banyak menimpa perempuan yang mengakibatkan mereka yang mengalami body shaming, juga ada yang memiliki pemikiran bahwa mereka dapat diterima jika mereka cantik. Pengalaman body shaming meninggalkan bekas ingatan dan luka yang berbeda pada tiap individu yang mengalaminya. Adegan-adegan yang mengandung unsur body shaming banyak kita temukan pada film.
Metode penelitian menggunakan jenis penelitian kualitatif serta teknik analisis isi (content analysis) penelitian ini mencoba menggali tentang bagaimana Body shaming diterapkan dalam film “Imperfect” dan dianalisis dalam perspektif Islam. Body shaming dalam film “Imperfect” dilakukan melalui dua bentuk, yaitu bentuk percakapan dan adegan. Pesan-pesan body shaming yang diselingi dengan adegan komedi disisipkan ke dalam dialog maupun adegan pada film “Imperfect”.
Dari hasil penelitian di bawah dapat disimpulkan bahwa, body shaming dalam film “Imperfect” analisis perspektif Islam bukanlah perbuatan yang baik. Film “Imperfect” memiliki banyak sekali pembelajaran, mengenai body shaming, hal-hal yang baik dan tidak baik jika dilihat dalam perpektif Islamnya, termasuk pandangan tentang bahwa sejatinya manusia itu sama atau sederajat di mata Allah subhanahuwata’ala

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Body shaming; Perspektif Islam; Film; “Imperfect”
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Alifia Fara Azzahra
Date Deposited: 02 Oct 2022 14:08
Last Modified: 02 Oct 2022 14:08
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17019

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics