Citra muslimah dalam novel Jilbab Traveler Love Sparks in Korea karya Asma Nadia

Izzati, Rachmita Nur (2022) Citra muslimah dalam novel Jilbab Traveler Love Sparks in Korea karya Asma Nadia. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1701026008_Rachmita_Nur_Izzati.pdf] Text
Skripsi_1701026008_Rachmita_Nur_Izzati.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Pembahasan mengenai perempuan dari masa ke masa tidak pernah redup, baik di dunia maya maupun nyata. Perkembangan teknologi yang semakin pesat membuat penyebaran informasi semakin mudah. Hal ini juga berdampak kepada para perempuan modern dan muslim mulai dari pemikiran hingga perilaku termasuk hubungannya dalam agama. Faktor ini menjadi salah satu bagaimana pembentukan citra terjadi. Citra tidak hanya dilihat dari penampilan atau sesuatu yang bisa dilihat saja contohnya pakaian namun juga dilihat dari perilakunya.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan metode analisis isi. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi yaitu dengan mencari data yang berupa buku. Penulis mengumpulkan data yang ditemukan dalam novel Jilbab Traveler yang sesuai dengan citra muslimah lalu mengelompokkan dan menganalisisnya satu per satu.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa citra muslimah dapat dilihat dari perilakunya antara lain yaitu menjalankan kewajiban terhadap Tuhan-Nya diantaranya tekun dalam beribadah, tidak berkhalwat, senantiasa berhijab dan mempunyai akidah yang bersih. Untuk kewajiban terhadap dirinya yaitu menjaga penampilan lahiriah dan memiliki akal cerdas. Selanjutnya kewajiban terhadap orang tua yaitu berbakti dan takut berbuat durhaka. Lalu kewajiban terhadap saudara dan temannya antara lain bersilaturahim sesuai anjuran Islam dan senang memberi nasihat. Terakhir yaitu kewajiban terhadap masyarakat yaitu tidak mempunyai sifat riya’, murah hati dan dermawan, selalu mengajak kepada kebenaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Citra muslimah; Perempuan; Novel; Asma Nadia
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Alifia Fara Azzahra
Date Deposited: 02 Oct 2022 14:22
Last Modified: 02 Oct 2022 14:22
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17026

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics