Pembentukan perilaku sosial pada anak jalanan melalui bimbingan Islam di Rumah Yatim dan Dhuafa As-Syafi’iyyah Kecamatan Dukuhwaru Kabupaten Tegal.

Kurniawati, Puput (2022) Pembentukan perilaku sosial pada anak jalanan melalui bimbingan Islam di Rumah Yatim dan Dhuafa As-Syafi’iyyah Kecamatan Dukuhwaru Kabupaten Tegal. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1701016085_Puput_Kurniawati] Text (Skripsi_1701016085_Puput_Kurniawati)
Skripsi_1701016085_Puput_Kurniawati.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Puput Kurniawati (NIM 1701016085) Pembentukan Perilaku Sosial pada Anak Jalanan melalui Bimbingan Islam di Rumah Yatim dan Dhuafa As-Syafi’iyyah Kecamatan Dukuhwaru Kabupaten Tegal.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembentukan perilaku sosial pada anak jalanan melalui bimbingan Islam di Rumah Yatim dan Dhuafa As-Syafi’iyyah Kecamatan Dukuhwaru Kabupaten Tegal. Penelitian ini berdasarkan pada upaya pembimbing agama yang melakukan bimbingan Islam kepada anak jalanan agar perilaku sosial mereka terbentuk. Perilaku anak jalanan di Rumah Yatim dan Dhuafa As-Syafi’iyyah memiliki perilaku sosial yang kurang baik nampak pada kebiasaan hidup mereka di jalanan yang sering kali mengabaikan dalam berinteraksi sosial sehingga memberikan pengaruh kurang baik pada perilaku sosial anak jalanan. Oleh karena itu, pelaksanaan bimbingan Islam sebagai peran penting dalam membentuk perilaku sosial pada anak jalanan. Jenis metode penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus yang menitik beratkan pada studi lapangan secara faktual dalam memperoleh data. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tiga teknik yaitu observasi partisipatif melalui pengamatan langsung ditempat kegiatan bimbingan Islam Rumah Yatim dan Dhuafa. Kedua, wawancara secara terstruktur maupun tidak terstruktur secara tatap muka. Ketiga, dokumentasi untuk mendapatkan data berupa foto dari kegiatan bimbingan Islam.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan dua hal sebagai berikut: pertama, perilaku sosial pada anak jalanan sebelum tinggal di Rumah Yatim dan Dhuafa As-Syafi’iyyah diantaranya: 1. Cenderung berperilaku egois, 2. Sulit dalam bersosial pada lingkungan nampak pada kurangnya kepedulian pada sekitar, 3. Tidak percaya diri. Kemudian nampak adanya perubahan setelah dilakukannya bimbingan Islam di Rumah Yatim dan Dhuafa As-Syafi’iyyah diantaranya: 1. Dapat mudah dalam mengontrol emosi dan mengurangi keegoisannya, 2. Jiwa kepedulian terhadap sekitar sudah mulai terlihat dengan berinteraksi dengan lingkungannya, 3. Dapat menghadapi berbagai kondisi dengan tenang. Kedua, bimbingan Islam yang dilaksanakan di Rumah Yatim dan Dhuafa As-Syafi’iyyah dilakukan dengan berbagai materi meliputi materi akhlak, fiqih, dan sejarah, materi tersebut bertujuan untuk Untuk menanamkan perilaku sosial yang baik serta dapat membantu anak jalanan dalam memahami peraturan agama Islam. Hal tersebut juga dilakukan dengan beragai metode berupa metode ceramah dan metode keteladanan. Penerapan bimbingan Islam tersebut dapat membentuk perilaku sosial pada anak jalanan dan memberikan perubahan pada kehidupan anak jalanan menjadi lebih baik serta dapat memahami dan mengerti bagaimana berperilaku sosial dengan lingkungannya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Islam; Perilaku sosial; Anak jalanan
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
300 Social sciences > 360 Social services; association > 362 Social welfare problems and services
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70232 - Bimbingan dan Penyuluhan Islam (BPI)
Depositing User: Putri Ayu Novita
Date Deposited: 03 Oct 2022 07:20
Last Modified: 03 Oct 2022 07:20
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17031

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics