Nilai-nilai dakwah dalam tradisi pernikahan Mubeng Gapura masjid At-taqwa Desa Loram Kulon Kabupaten Kudus

Yahya, Muhammad Anis (2022) Nilai-nilai dakwah dalam tradisi pernikahan Mubeng Gapura masjid At-taqwa Desa Loram Kulon Kabupaten Kudus. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Sripsi_1601036078_Muhammad_Anis_Yahya] Text (Sripsi_1601036078_Muhammad_Anis_Yahya)
Sripsi_1601036078_Muhammad_Anis_Yahya.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Muhammad Anis Yahya, NIM : 1601036078, Skripsi Jurusan Manajemen Dakwah Fakultas Dakwah dan Komunikasi dengan judul “Nilai-nilai Dakwah dalam Tradisi Pernikahan Mubeng gapura Masjid At-Taqwa Desa Loram Kulon Kabupaten Kudus”.
Tradisi Pernikahan mubeng gapura adalah suatu tradisi yang dilaksanakan oleh masyarakat Loram Kulon Kabupaten Kudus. Tradisi ini sudah ada sejak zaman Sultan Hadirin, dan sebagai bentuk menghargai jasa beliau tradisi ini masih berjalan sampai sekarang. Tradisi Pernikahan mubeng gapura merupakan tradisi yang telah dilakukan secara turun temurun oleh masyarakat Loram Kulon dan merupakan salah satu bentuk tradisi yang unik yang hanya terdapat di Loram Kulon Kabupaten Kudus. Pelaksanaan tradisi Pernikahan mubeng gapura dalam prakteknya tidak menyimpang syariat Islam, sehingga pelaksanaan tradisi tersebut masih dijaga dan dilestarikan oleh masyarakat Loram Kulon. Tradisi ini juga mengandung makna dan nilai-nilai bagi kehidupan masyarakat Loram.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1.Untuk mengetahui bagaimana bagaimana pelaksanaan tradisi pernikahan mubeng gapura Masjid At-Taqwa Desa Loram Kulon Kabupaten Kudus. 2. Untuk mengetahui nilai-nilai dakwah dalam tradisi pernikahan mubeng gapura Masjid At-Taqwa Desa Loram Kulon Kabupaten Kudus. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pelaksanaan tradisi pernikahan mubeng gapura Masjid At-Taqwa Desa Loram Kulon Kabupaten Kudus dan mengetahui nilai-nilai dakwah dalam tradisi pernikahan mubeng gapura Masjid At-Taqwa Desa Loram Kulon Kabupaten Kudus. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif dengan menggunakan peneliti menggunakan penelitian riset lapangan (field research), penelitian ini bersifat dekriptif yakni penelitian yang berusaha mendeskripsikan suatu gejala, peristiwa kejadian yang terjadi saat sekarang.
Hasil dari penelitian yang penulis lakukan yaitu, 1. Pelaksanaan tradisi Pernikahan Mubeng gapura Masjid At-Taqwa Desa Loram Kulon Kabupaten Kudus pertama ijab qobul, niat nikah, Amal jariyah, mengisi buku tamu, nasihat-nasihat, doa bersama. 2. Nilai-nilai dakwah yang terkandung dalam tradisi Pernikahan Mubeng gapura Masjid At-Taqwa Desa Loram Kulon Kabupaten Kudus antara lain nilai akidah seperti tergambar saat memasuki gapura, pengantin dipandu untuk niat karena Allah dan semua kebaikan adalah dari Allah, nilai syariah syiar islam adalah salah satu nilai yang dapat dilihat secara langsung melalui prosesnya, hal ini karena tradisi mubeng gapura dilakukan secara terbuka, yang bertujuan dapat disaksikan semua orang, supaya menghindari adanya fitnah dan pernikahan itu sendiri bagian dari ibadah nilai akhlak tergambar saat memasukan kotak amal atau sedekah, bersedekah dengan segala macam kandungan maknanya adalah anjuran agama yang dilaksanakan oleh setiap muslim di mana pun berada

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Dakwah; Tradisi; Pernikahan; Mubeng gapura
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
300 Social sciences > 390 Customs, etiquette, folklore > 392 Customs of life cycle and domestic life
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD)
Depositing User: Erica Visiyam
Date Deposited: 03 Oct 2022 07:21
Last Modified: 03 Oct 2022 07:21
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17032

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics