Relevansi antara profesi alumni dengan kompetensi lulusan Jurusan Komunikasi Penyiaran Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Walisongo Semarang

Arnantika, Dinda Friska (2022) Relevansi antara profesi alumni dengan kompetensi lulusan Jurusan Komunikasi Penyiaran Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Walisongo Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1701026054_DINDA_FRISKA_ARNANTIKA] Text (Skripsi_1701026054_DINDA_FRISKA_ARNANTIKA)
Skripsi_1701026054_DINDA_FRISKA_ARNANTIKA.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini menjelaskan tentang “Relevansi antara Profesi Alumni dengan Kompetensi lulusan jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Walisongo Semarang” sesuai dengan Visi Jurusan Komunikasi Penyiaran Islam KPI diantaranya “Fakultas terdepan dalam Pendidikan, Penelitian, penerapan dan pengembangan Ilmu Dakwah dan Komunikasi untuk kemanusiaan dan peradaban berbasis kesatuan Ilmu Pengetahuan di Asia Tenggara” Mengenai kualitas pendidikan dan pemenuhan kebutuhan mahasiswa ketika sudah wisuda perlu mendapatkan pekerjaan yang sepadan atau sesuai dengan kebutuhan mahasiswa sehingga mahasiswa bisa bekerja atau menitih karir sesuai dengan apa yang sudah dipelajari dimasa perkuliahan. untuk itu perlu sekiranya menerapkan konsep relevansi sebagai model perencanaan ketika lulus dari alumni yang sudah terjun langsung di dunia kerja yang berperan di berbagai bidang sesuai profesi nya.
Dalam penelitian ini yang menjadi objek dan fokus penelitian adalah alumni Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Walisongo Angkatan 2017 karena mayoritas mahasiswa aktif dalam organisasi yang bergerak dibidang media, seperti literasi media, Tvku semarang, walisongo tv dan lpm missi. bukan hanya itu, mahasiswa Angkatan 2017 juga banyak yang menjadi wartawan saat masih duduk dibangku perkuliahan dengan kerja freelance di media diantaranya, babad.com, smol.id.
Penelitian ini bersifat kualitatif, maka Analisa data yang digunakan adalah Analisa data secara induktif, yaitu metode berfikir bertolak pada fakta-fakta khusus, yaitu fakta di lapangan tentang keberadaan para alumni dan yang berkenaan dengan keadaan profesi dan kompetensi alumni KPI UIN Walisongo Semarang Angkatan 2017.
Strategi ini dapat dilakukan dengan survey terlebih dahulu untuk mendapatkan data kualitatif yang dijelaskan secara deskriptif, dalam hal ini menggunakan survey google form. Melalui jawaban dari 25 informan, dapat diketahui profesi yang mereka jalani memiliki relevansi sosiologis, epistemologis dan psikologis.
Secara ringkas, relevansi profesi alumni dengan kompetensi KPI memiliki kesinambungan . Mata kuliah yang menjadi standar kompetensi membantu para alumni saat bekerja. Ilmu Komunikasi, Retorika, Humas, Junalistik dan berbagai mata kuliah lainnya membantu mahasiswa dalam memperluas wawasan dan mengasah keterampilan sehingga mampu beradaptasi di lingkungan kerja serta memiliki nilai tambah untuk bersaing dengan orang lain. Singkatnya, standar kompetensi lulusan KPI telah melahirkan alumni yang mampu menghadapi dinamika dunia kerja.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Relevansi; Profesi; Alumni; Kompetensi; Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
300 Social sciences > 370 Education > 378 Higher education > 378.1 Organisasi dan aktivitas perguruan tinggi (dosen, staf, mahasiswa, kurikulum)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Alifia Fara Azzahra
Date Deposited: 03 Oct 2022 07:24
Last Modified: 03 Oct 2022 07:24
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17034

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics