Pelaksanaan bimbingan Thibbun Nabawi oleh Zaidul Akbar di media sosial

Hilmina, Leni (2022) Pelaksanaan bimbingan Thibbun Nabawi oleh Zaidul Akbar di media sosial. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1701016089_Leni_Hilmina] Text (Skripsi_1701016089_Leni_Hilmina)
Skripsi_1701016089_Leni_Hilmina.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Pelaksanaan Bimbingan Thibbun Nabawi Oleh Zaidul Akbar Di Media Sosial” ditulis oleh Leni Hilmina, NIM 1701016089. Prodi Bimbingan Penyuluhan Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang.
Kesehatan jasmani maupun rohani merupakan faktor penting karena dengan sehat bisa beraktifitas dengan baik dan banyak berbuat kebaikan dengan memberi manfaat kepada sesama. Sehat dalam Islam ditandai adalah sehat lahir dan batin, pengalaman Islam bermaksud membimbing, membina, memberi nasihat kepada pribadi dan umat Islam untuk memenuhi kebutuhan psikologis, spritual, emosional, intelektual, dan sosial untuk itu bimbingan dibutuhkan agar terhindar dari penyakit jasmani maupun rohani. Zaidul Akbar adalah seorang dokter yang melakukan sesuai dengan keahlian dan keterampilan yang berprinsip pada ajaran Islam. Zaidul Akbar kerap membagikan resep thibbun nabawi melalui media sosialnya baik di instagram maupun youtube yang sudah memiliki banyak pengikut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan bimbingan thibbun nabawi oleh Zaidul Akbar di media sosial. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi literatur. Sumber dan jenis data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi wawancara dengan 3 pengikut Zaidul Akbar di media sosial, observasi dengan participant as observer selama 3 bulan dari bulan Maret, Apriil dan Mei 2022 serta dokumentasi meliputi foto dan video. Teknik validitasnya dengan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan reduksi data, penyajian data,dan verifikasi data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan bimbingan thibbun nabawi oleh Zaidul Akbar di media sosial akun resmi youtube dr. Zaidul Akbar Official dan akun instagram @zaidulakbar diperuntukkan untuk laki-laki dan perempuan dengan rentang usia remaja hingga orang tua dengan tujuan untuk membantu menyelesaikan serta mencegah masalah kesehatan baik jasmani maupun rohani. Bimbingan tersebut berdasarkan Alquran dan hadis. Pelaksanaan bimbingan di media sosial youtube akun dr. Zaidul Akbar Official dengan mengunggah beberapa video yang rutin diberikan setiap minggu. Sedangkan pelaksanaan di media sosial instagram @zaidulakbar dengan mengunggah gambar dan video disertai berserta caption yang menjelaskan mengenai gambar dan video tersebut yang juga rutin diberikan. Metode interaksi komunikasinya secara tidak langsung dengan memberikan kolom komentar pada postingan tersebut kemudian beberapa komentar akan dijawab langsung oleh @zaidulakbar. Dalam pelaksanaannya sudah memenuhi unsur-unsur bimbingan baik di media sosial youtube maupun instagram, diantranya terdapat adanya masalah yang dibahas, sasaran bimbingan yaitu pengikut dari media sosial, dan subyek bimbingan nya adalah dr Zaidul Akbar. Materi bimbingan yang diberikan di media sosial youtube dan instagram sama-sama lebih menekankan pada amar ma’ruf nahi munkar terutama dalam masalah kesehatan baik rohani maupun jasmani.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Bimbingan; Thibbun nabawi; Media sosial; Zaidul Akbar
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70232 - Bimbingan dan Penyuluhan Islam (BPI)
Depositing User: Putri Ayu Novita
Date Deposited: 03 Oct 2022 07:27
Last Modified: 03 Oct 2022 07:27
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17037

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics