Pelaksanaan pengajian Mujahadah Rubu’usanah Shalawat Wahidiyah Kabupaten Kendal

Indriani, Diah Amy (2022) Pelaksanaan pengajian Mujahadah Rubu’usanah Shalawat Wahidiyah Kabupaten Kendal. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1601036092_Diah_Amy_Indriani] Text (Skripsi_1601036092_Diah_Amy_Indriani)
Skripsi_1601036092_Diah_Amy_Indriani.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Diah Amy Indriani (1601036092) penelitian dengan judul “Pelaksanaan Pengajian Mujahadah Rubu’usanah Sholawat Wahidiyah Kabupaten Kendal (Perspektif Manajemen Dakwah)”
Penelitian dengan judul “Pelaksanaan Pengajian Mujahadah Rubu’usanah Sholawat Wahidiyah Kabupaten Kendal Perspektif Manajemen Dakwah”. Pengajian Mujahadah Rubu’usanah Sholawat Wahidiyah merupakan salah satu kegiatan dakwah yang ada di Kabupaten Kendal. Keberhasilan kegiatan dakwah ini tidak akan lepas dari adanya sistem majerial yang baik.
Penelitian ini bertujuan, yang pertama untuk mengetahui Pelaksanaan Pengajian Mujahadah Rubu’usanah Sholawat Wahidiyah Kabupaten Kendal, dan yang kedua untuk mengetahui Perspektif Manajemen Dakwah dalam Pelaksanaan Pengajian Mujahadah Rubu’usanah Sholawat Wahidiyah Kabupaten Kendal.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Dalam mengumpulkan data penulis menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian dioleh dan dianalisis. Analisis data menggunakan analisis deskriptif, yaitu menyajikan data dengan cara menggambarkan kenyataan sesuai data yang diperoleh dari hasil penelitian.
Hasil penelitian ini adalah pelaksanaan Pengajian Mujahadah Rubu’usanah Sholawat Wahidiyah Kabupaten Kendal telah menerapkan (1) Pelaksanaan mujahadah pengajian rubu’usanah sholawat wahidiyah yang dilakukan tiga bulan sekali dilkukan secara seremonial dan mujahadah biasah yang dilakukan seacara berjamaah, diikuti oleh pengamal atau jamaah sekabupaten dan kota sekitar kabupaten kendal, dan dengan adanya fungsi manjemen jamaah yang mengikuti dari awal hingga saat ini mengalami peningkatan. (2) Fungsi-fungsi manajemen dakwah yaitu Perencanaan dakwah (takhthith) pengurus melakukan rapat dan mujahadah penyongsongan. Pengorganisasian dakwah (thanzim) pengorganisasian yang disusun menjadi struktur organisasi yaitu Ketua, Sekretaris, Bendahara, dan anggota-anggota bertanggung jawab pada masing-masing tugasnya. Penggerakan dakwah (tawjih) dilakukan dengan tujuan agar semua program dapat berjalan sesuai dengan tujuan yang telah ditentukan sesuai dengan arahan ketua pengurus pengajian. Dan Pengawasan (rikabah) dengan melakukan pengawasan yang dilakukan oleh pengurus pengajian mujahadah Rubu’usanah Sholawat Wahidiyah jika ada kekurangan dapat segera memperbaiki dan melengkapi kekurangan agar penyelenggaraan pengajian berjalan sesuai harapan

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pengajian; Manajemen dakwah; Dakwah Islam
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD)
Depositing User: Erica Visiyam
Date Deposited: 03 Oct 2022 07:28
Last Modified: 03 Oct 2022 07:28
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17038

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics