Strategi dakwah KH. Muhammad Tauhid dalam meningkatkan religiusitas santri di Pondok Pesantren Al Madani Semarang

Setiawan, Winda (2022) Strategi dakwah KH. Muhammad Tauhid dalam meningkatkan religiusitas santri di Pondok Pesantren Al Madani Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1601036122_Winda_Setiawan] Text (Skripsi_1601036122_Winda_Setiawan)
Skripsi_1601036122_Winda_Setiawan.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Strategi Dakwah KH Muhammad Tauhid Dalam Meningkatkan Religiusitas Santri Di Pondok Pesantren Al-Madani Semarang disusun oleh Winda Setiawan (1601036122) dengan tujuan untuk mengetahui strategi dakwah yang dilakukan KH Muhammad Tauhid dalam meningkatkan religiusitas santri di Pondok Pwsantren Al Madani.
Guna memahami Strategi Dakwah K.H Muhammad Tauhid Dalam Meningkatkan Religiusitas Santri Di PonpesAl-Madani Semarang, maka peneli menakai metode penelitian kualitatif deskriptif. Dalam pengumpulan data penulis menggunakan: 1) Teknik wawancara, peneliti melakukan wawancara terhadap K.H Muhammad Tauhid, keluarga, Ustadz, beserta santri. Teknik wawancara digunakan untuk mengetahui aktivitas dakwah dan stratetegi dakwah yang dilakukan K.H Muhammad Tauhid Dalam Meningkatkan Religiusitas Santri Di Ponpes Al-Madani. 2). Teknik observasi, dalam hal ini penulis mencatat dan mengamati langsung kegiatan dakwah K.H Muhammad Tauhid Dalam Meningkatkan Religiusitas Santri. 3) Dokumentasi, dalam mendapatkan data, penulis juga mengumpulkan dokumen-dokumen tentang kegiatan dakwah K.H Muhammad Tauhid Dalam Meningkatkan Religiusitas Santri di Ponpes Al-Madani Semarang.
Strategi dakwah yang dilakukan K.H Muhammad Tauhid di Pondok Pesantren Al-Madani dengan cara memberikan kajian kitab-kitab keagamaan dan akhlak. Kemudian membimbing ruhaniyyah santri agar senantiasa menjalankan syariat islam sebagaimana mestinya. Adapun kegiatan tersebut meliputi Mujahadahan, istighosahan, tirakat, riyadhah puasa senin kamis maupun dawud. Faktor pendukung strategi dakwah K.HMuhammad Tauhid dalam meningkatkan religiusitas santri kualitas keilmuan dan kemampuan K.H Muhammad Tauhid dalam mengasuh, dukungan istri dan keluarga, kepemimpinan KH Muhammad Tauhid diberbagai organisasi baik keagamaan maupun kenegaraan sehingga dapat dikenal banyak kalangan untuk memasukkan anak-anak di Pondok pesantren Al-Madani. Faktor penghabat strategi K.H Muhammad Tauhid keterbatasan pengajar, perkembangan teknologi yang megandung unsur negative yang dapat memnghambat religiusitas santri saat berlibur, pergaulan santri saat dirumah sehingga kurang pengawasan dari pengasuh maupun pengurus Pondok Pesantren Al-Madani.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Religiusitas; Santri; Strategi dakwah; Manajemen dakwah; KH. Muhammad Tauhid
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD)
Depositing User: Erica Visiyam
Date Deposited: 03 Oct 2022 08:53
Last Modified: 03 Oct 2022 08:53
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17047

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics