Manajemen perencanaan Pondok Pesantren Bustanu Adail Qur’an Klitih Karangtengah Demak dalam meningkatkan kualitas santri

Basriyah, Miftakul (2021) Manajemen perencanaan Pondok Pesantren Bustanu Adail Qur’an Klitih Karangtengah Demak dalam meningkatkan kualitas santri. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1601036131_Miftakul_Basriyah] Text (Skripsi_1601036131_Miftakul_Basriyah)
Skripsi_1601036131_Miftakul_Basriyah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini disusun oleh Miftakul Basriyah (1601036131) dengan judul “Manajemen Perencanaan Pondok Pesantren Bustanu Adail Qur’an Klitih Karangtengah Demak Dalam Meningkatkan Kualitas Santri”. Penelitian ini bermaksud untuk (1) untuk mengetahui program kegiatan pondok pesantren (2) untuk mengetahui fungsi manajemen perencanaan pondok pesantren Bustanu Adail Qur’an.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Adapun sumber data penelitian ini sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data peneliti menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data penelitian ini dengan menggunakan pendekatan deskriptif, yaitu mendeskripsikan data yang dikumpulkan berupa kata-kata dan gambar. Data yang berasal dari wawancara, catatan lapangan dan dokumen. Kemudian dideskripsikan sehingga dapat memberikan kejelasan terhadap kenyataan atau reaaalitas, adapun langkah-langkah analisis data adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan ksimpulan.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan bahwa: Pertama, program kegiatan dalam meningkatkan kualitas santri meliputi kegiatan mengaji al-qur’an, bin-nadhor, bil-goib, kitab kuning, shalat tahajud, shalat dhuha, muroja’ah al-qur’an, tahlillan, yasinan, diba’, berzanji, manaqib burhan dan jawahirul ma’ani, qori’ dan mengajar TPQ. Pembelajaran bahasa krama inggil, sopan santun kepada yang lebih tua dan memberi kesempatan untuk menumbuhkan kreatifitas santri dalam bidang seni setahun sekali pada acara muwada’ah. Kedua, Penerapan fungsi perencaan dalam meningkatkan kualitas santri ada beberapa tahapan perkiraan dan perhitungan masa depan yaitu mendisiplinkan waktu, istiqamah dalam ibadah (berjama’ah, mengaji, muraja’ah dan sebagainya), selalu mengingat jasa pendiri pondok pesantren. Penentuan tujuan yaitu mendidik santri yang berpribadi Qur’ani, beriman, berilmu, beramal dan berakhlaq mulia. Pemrograman yaitu pemrograman yang di utamkan hafalan Al-Qur’an yang lancar. Penjadwalan yaitu penjadwalan yang dibagi menjadi emapat, penjadwalan kegiatan harian, mingguan, bulanan dan tahunan. Penganggaran yaitu penganggaran yang dipegang oleh bendahara pondok penganggarannya biaya untuk acara khataman Al-Qur’an, pengeluaran bulanan, pembangunan dan sebagainya. Pengembangan prosedur yaitu pengembangan kegiatan berpusat kepada santri, mengembangkan adab santri, kreatifitas santri, mengembangkan hafalan Al-Qur’annya. Penetapan dan interpretasi kebijakan yaitu untuk lebih mengefektifkan pelaksanaanya kegiatan santri, dan dapat memberikan pemahaman santri secara lengkap, tepat dan jelas, sehingga memperlancar pelaksanaan kegiatannya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Manajemen perencanaan; Pondok pesantren; Kualitas; Santri
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD)
Depositing User: Erica Visiyam
Date Deposited: 03 Oct 2022 08:58
Last Modified: 03 Oct 2022 08:58
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17050

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics