Kajian eksistensialis buruh bangunan lepas dalam menghadapi pandemi covid-19 di Desa Cangkring Kabupaten Demak perspektif Albert Camus

Janah, Siti Roudlotul (2022) Kajian eksistensialis buruh bangunan lepas dalam menghadapi pandemi covid-19 di Desa Cangkring Kabupaten Demak perspektif Albert Camus. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1804016075_Siti_Roudlotul_Janah] Text (Skripsi_1804016075_Siti_Roudlotul_Janah)
Skripsi_1804016075_Siti_Roudlotul_Janah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini berisi tentang kajian eksistensialis buruh bangunan lepas dalam menghadapi pandemi Covid-19 di Desa Cangkring Kabupaten Demak. Fenomena pandemi Covid-19 merupakan awal ke absurditasan buruh bangunan lepas yang bekerjanya berada di lapangan sedangkan peraturan pemerintah mengharuskan bekerja di rumah. Sehingga buruh bangunan lepas mengalami kebimbangan antara mencari nafkah atau membahayakan nyawa. Permasalahan yang akan dibahas dalam skripsi meliputi (1) Bagaimana absurditas yang dialami buruh bangunan lepas akibat pandemi Covid-19 di Desa Cangkring Kabupaten Demak ? (2) Bagaimana bentuk-bentuk eksistensialis buruh bangunan dalam menghadapi pandemi Covid-19 di Desa Cangkring Kabupaten Demak perspektif Albert Camus?
Penulis tertarik dengan permasalahan tersebut, sehingga mencoba menggunakan perspektif Albert Camus untuk melihat bagaimana absurditas dan eksistensialisme buruh bangunan lepas dalam menghadapi pandemi Covid-19. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan, sedangkan metode pengumpulan data menggunakan hasil observasi, wawancara serta dokumentasi. Adapun dalam menentukan sample menggunakan teknik snowball sampling yaitu teknik dalam menentukan sample, sesuai kebutuhan, apabila sample telah cukup maka sample akan berhenti. Penelitian ini bermaksud untuk menunjukan bagaimana absurditas buruh bangunan lepas yang dihadapi dengan kreativitas dan solidaritas para buruh bangunan dalam menghadapi pandemi Covid-19. Penelitian terhadap absurditas dan eksistensialis buruh bangunan lepas dalam menghadapi pandemi Covid-19 memperoleh hasil sebagai berikut : (1) absurditas yang dialami buruh bangunan lepas digambarkan dengan bentuk ketidak mungkinan, penderitaan dan putus asa, ketiga bentuk ke absurditasan ini merupakan gambaran yang dialami oleh buruh bangunan lepas dalam mengahadapi pandemi Covid-19 (2) eksistensialis buruh bangunan digambarkan dalam bentuk pemberontakan yakni meliputi kreativitas dan solidaritas. Kreativitas-kreativitas itu meliputi mencari pekerjaan baru, berdagang, dan memilih untuk melawan pandemi dengan tetap bekerja. Kreativitas yang muncul memiliki beberapa syarat seperti kebebasan, keberanian dan hubungan serta komunikasi. Selain itu buruh bangunan juga menunjukan eksistensinya dengan solidaritas yakni mencari pekerjaan baru untuk dikerjakan bersama. Solidaritas merupakan bentuk pemberontakan yang mana sikap solidaritas ini membuat manusia selalu menghargai hak sesamanya dan menjadikan kepedulian atas eksistensi manusia.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Eksistensialis; Absurditas; Albert Camus; Buruh Bangunan Lepas; Pandemi Covid-19
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.26 Islam and secular disciplines > 297.261 Islam and philosophy
300 Social sciences > 330 Economics > 331 Labor economics
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > 76237 - Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Zara Hafidhany
Date Deposited: 03 Oct 2022 09:05
Last Modified: 03 Oct 2022 09:05
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17056

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics