Pemenuhan hak asuh anak oleh orang tua yang memiliki keterbelakangan mental dalam perspektif hukum Islam : studi kasus di Desa Padomasan Kecamatan Reban Kabupaten Batang

Albab, Ulil (2022) Pemenuhan hak asuh anak oleh orang tua yang memiliki keterbelakangan mental dalam perspektif hukum Islam : studi kasus di Desa Padomasan Kecamatan Reban Kabupaten Batang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1602016145_Ulil_Albab] Text (Skripsi_1602016145_Ulil_Albab)
Skripsi_1602016145_Ulil_Albab.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini berawal dengan adanya suatu kasus di Desa Padomasan Kecamatan Reban Kabupaten Batang mengenai sepasang suami istri yang memiliki keterbelakangan mental mereka melakukan zina dan akhirnya mempunyai seorang anak.Kedua orang tua tersebut tidak bisa mengasuh anaknya karena tidak memenuhi syarat-syarat hadhanah (mengasuh anak) salah satunya yaitu berakal sehat serta dapat mengancam keselamatan anak sesuai dengan Kompilasi Hukum Islam (KHI) pasal 156 huruf c.
Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahuipelaksanaan praktik pemenuhan hak asuh anak oleh orang tua yang memiliki keterbelakangan mental. (2) Untuk mengetahui perspektif hukum Islam terhadap pelaksanaan praktik pemenuhan hak asuh anak oleh orang tua yang memiliki keterbelakangan mental di Desa Padomasan Kecamatan Reban Kabupaten Batang.
Pada penelitian ini dibahas mengenai pemenuhan hak asuh anak oleh orang tua yang memiliki keterbelakangan mental dalam perspektif hukum islam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan data primer diperoleh dari hasil wawancara dengan pihak keluarga, tokoh masyarakat serta sepasang orang tua yang memiliki keterbelakangan mental dalam pemenuhan hak asuh anak,kemudian data sekunder yang digunakan dalam penelitian ini adalah referensi buku-buku kepustakaan, pendapat-pendapat hukum dari ahli fiqh yang dapat ditelusuri dari kitab-kitab fiqh dan karangan ilmiah yang relevan dengan judul skripsi ini. Kemudian teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dokumentasi dan teknik analisis data menggunakan metode analisis deskriptif dengan tujuan untuk mengetahui secara sistematis, faktual, dan akurat mengenai fakta-fakta yang ada di lapangan.
Penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa seseorang yang memiliki keterbelakangan mental melakukan hadhanah maka hal tersebut tidak sah karena tidak memenuhi syarat-syarat hadhanah dan akan berdampak buruk bagi tumbuh kembang anak serta keselamatan anak akan terancam. Kemudian orang tua yang memiliki keterbelakangan mental ini tidak boleh mendapatkan hak asuh, karna tidak memenuhi syarat-syarat pemegang hadhanah, untuk mendapatkan hak hadhanah harus memenuhi syarat-syarat dan ketentuan-ketentuan yang adadalam Al-Quran, salah satu syaratnya yaitu berakal sehat, apabila pemegang hadhanah tidak berakal sehat maka tidak bisa menjamin keselamatan jasmasi dan rohani terhadap anak dan apabila seorang pemegang hadhanah tidak berakal sehat maka gugur hak hadhanah tersebut yang disebabkan oleh keterbelakangan mental.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Hak asuh anak; Orang tua; Keterbelakangan mental; Hukum Islam
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.57 Religious experience, life, practice > 297.577 Marriage and family life
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 360 Social services; association > 362 Social welfare problems and services
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74230 - Hukum Keluarga Islam (Ahwal al-Syakhsiyyah)
Depositing User: Vania Syifaul
Date Deposited: 03 Oct 2022 09:59
Last Modified: 03 Oct 2022 09:59
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17072

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics