Strategi dakwah Ibu Nyai Rikanah dalam meningkatan pemahaman keagamaan jamaah Majelis Ta’lim Darussa’adah, Tegalsuruh, Sragi, Pekalongan

Aisyah, Rifda Wafiyatul (2022) Strategi dakwah Ibu Nyai Rikanah dalam meningkatan pemahaman keagamaan jamaah Majelis Ta’lim Darussa’adah, Tegalsuruh, Sragi, Pekalongan. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1701036082_Rifda_Wafiyatul_Aisyah] Text (Skripsi_1701036082_Rifda_Wafiyatul_Aisyah)
Skripsi_1701036082_Rifda_Wafiyatul _Aisyah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Rifda Wafiyatul Aisyah (1701036082). Dengan skripsi berjudul: “Strategi Dakwah Ibu Nyai Rikanah Dalam Upaya Meningkatkan Pemahaman Keagamaan Jamaah Majelis Ta’lim Darussa’adah Tegalsuruh, Sragi, Pekalongan”.
Penelitian skripsi ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana startegi dakwah Ibu Nyai Rikanah dalam upaya meningkatkan pemahaman keagamaan jamaah majelis ta’lim Darussa’adah. Majelis ta’lim Darussa’adah terletak di desa Tegalsuruh kecamatan Sragi kabupaten Pekalongan, dimana pada desa tersebut sebelum adanya majelis ta’lim Darussa’adah ini masyarakatnya masih haus akan pemahaman keagamaannya dan juga masih banyak kemaksiatan yang merajalela. Disamping itu banyak kegiatan yang sangat menarik untuk diketahui dalam kegiatan dakwah yang berada di dalam majelis ta’lim Darussa’adah.
Rumusan masalah dalam [enelitian skripsi ini adalah (1) Bagimana strategi dakwah Ibu Nyai Rikanah dalam upaya meningkatkan pemahaman keagamaan jamaah majelis ta’lim Darussa’adah Tegalsuruh, Sragi, Pekalongan? (2) apa saja faktor penghambat dan pendukung di dalam strategi dakwah Ibu Nyai Rikanah dalam upaya meningkatkan pemahaman keagamaan jamaah majelis ta’lim Darussa’adah Tegalsuruh, Sragi, Pekalongan
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif karena data yang diperoleh diolah dan dijelaskan dalam deskripsi penulis. Dalam memperoleh data penulis menggunakan metode (1) observasi, (2) wawancara dan (3) dokumentasi. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi: sumber data primer yaitu, hasil wawancara dengan ketua umum majelis ta’lim Darussa’adah, panitia penyelenggara majelis ta’lim Darussa’adah, jamaah majelis ta’lim Darussa’adah, aparat perangkat desa Tegalsuruh, dan masyarakat desa Tegalsuruh, serta sumber data sekunder yang berasal dari dokumentasi kegiatan.
Adapun hasil dari penelitian menunjukkan bahwa strategi dakwah yang dilakukan ibu Nyai Rikanah dengan berbagai macam kegiatan dakwahnya sebagai berikut: (1) Pengajian rutinan, (2) Peringatan hari besar Islam, (3) Sedekah subuh, (4)Celengan ta'jil ramadhan, (5) tabungan Qurban idul adha, (6) Halal bi halal. Faktor pendukung (1) Terjalinnya hubungan komukasi dan loyalitas yang baik antara panitia dan jamaah majelis ta’lim Darussa’adah. (2) Mendapat dukungan penuh dari jamah majelis ta’lim Darussa’adah atas segala kegiatan yang telah dibuat ibu Nyai Rikanah besarta panitia. (3) Antusias yang tingga dan luar biasa baiknya dari jamaah majelis ta’lim Darussa’adah. (4) Mendapat dukungan penuh dari masyarakat setempat. (5) Mendapat dukungan penuh dari tokoh agama desa setempat. (6) Mendapat dukungan penuh dari semua aparat perangkat desa setempat. Faktor Penghambat (1) Minimnya kesadaran masyarakat setempat akan pentingnya ilmu agama (paham agama). (2) Sikap masyarakat yang mudah terpengaruh oleh budaya local maupun asing yang masih jauh dari nilai-nilai ajaran agama Islam. (3) Minimnya tenaga pendidik (da’i). (4) Keterbatasan waktu. (5) Pandemi (covid-19).

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Strategi dakwah; Ibu Nyai Rikanah; Pemahaman keagamaan; Jamaah Majelis Ta’lim
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD)
Depositing User: Erica Visiyam
Date Deposited: 03 Oct 2022 10:07
Last Modified: 03 Oct 2022 10:07
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17076

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics