Implementasi actuating dakwah pada Takmir Masjid Nidaul Khoirot Gayamsari Semarang

Oktavianty, Ervina (2022) Implementasi actuating dakwah pada Takmir Masjid Nidaul Khoirot Gayamsari Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1701036104_Ervina_ Oktavianty] Text (Skripsi_1701036104_Ervina_ Oktavianty)
Skripsi_1701036104_Ervina_ Oktavianty.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Masjid merupakan tempat ibadah yang bermanfaat untuk kemaslahatan umat, sehingga perlu adanya pengelolaan dan manajemen yang baik. Dalam fungsinya, Manajemen Masjid tidak terlepas dari keberadaan Ilmu Manajemen yang pada prinsipnya bertujuan untuk mengefisienkan semua unsur manajemen. Dalam Penelitian ini, peneliti bermaksud untuk mengetahui (1) Bagaimana implementasi actuating dakwah pada Masjid Nidaul Khoirot Gayamsari Semarang? (2) Apa faktor pendukung dan faktor penghambat implementasi actuating dakwah pada Masjid Nidaul Khoirot Gayamsari Semarang?. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Penulis menganalisis data dengan reduksi data, display data dan verifikasi kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi actuating dakwah pada takmir Masjid Nidaul Khoirot Gayamsari Semarang sudah berjalan dengan cukup baik, hal ini dikarenakan: Pertama, adanya motivasi dari pimpinan yang mendorong kepada para pelaksana untuk melaksanakan tugas dan tanggungjawabnya dengan ikhlas. Kedua, adanya bimbingan kepada para pengurus takmir masjid dalam upaya pencapaian sasaran organisasi yang sudah ditetapkan sebelumnya, serta pengurus takmir masjid yang ada dipacu untuk mengembangkan dan meningkatkan kemampuan, kesadaran dan ketrampilan supaya proses pelaksanaan berjalan secara efektif dan efesien. Ketiga, adanya penjalinan hubungan yang harmonis antara ketua takmir dan semua elemen dalam organisasi tersebut. Ketua organisasi memberikan perintah, petunjuk, pedoman kepada para pelaksana atau pengurus agar dapat melaksanakan tugasnya dengan baik dan ikhlas. Keempat, adanya komunikasi timbal balik antara pimpinan dengan para pelaksana. Sehingga organisasi dapat mencapai tujuan dan sasarannya dengan baik. Kelima, adanya kepemimpinan yang harmonis, demokratis sehingga tercipta lingkungan antar pengurus yang kondusif dan mereka melaksanakan tugas-tugasnya secara efektif dan efisien. faktor pendukung antara lain: tersusunnya progam kegiatan dakwah, antusias para jamaah, kepentingan umat tujuan utama, adanya Taman Pendidikan Quran (TPQ), adanya pelatihan SDM, aktifnya ikatan remaja masjid (IRMADINA). Sedangkan faktor penghambat antara lain:
kurangnya jumlah SDM, dan belum ada Laporan Pertanggungjawaban Tahunan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Actuating; Dakwah; Takmir Masjid
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD)
Depositing User: Erica Visiyam
Date Deposited: 03 Oct 2022 10:19
Last Modified: 03 Oct 2022 10:19
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17081

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics