Implementasi manajemen zakat, infaq dan shodaqoh di unit pengumpul zakat LAZISMAZ Masjid Al-Azhar Perum Permata Puri Ngaliyan Semarang

Rozak, Moh Abdul (2022) Implementasi manajemen zakat, infaq dan shodaqoh di unit pengumpul zakat LAZISMAZ Masjid Al-Azhar Perum Permata Puri Ngaliyan Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1701036105_Moh_Abdul_Rozak] Text (Skripsi_1701036105_Moh_Abdul_Rozak)
Skripsi_1701036105_Moh_Abdul_Rozak.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian dengan judul Implementasi Manajemen Zakat, Infaq dan Shodaqoh di Unit Pengumpul Zakat Lazismaz Masjid Al-Azhar Perum Permata Puri Ngaliyan Semarang memiliki tujuan untuk mengetahui tentang implementasi manajemen zakat, infaq dan shodaqoh UPZ Lazismaz Masjid Al-Azhar dan tentang strategi manajemen zakat, infaq dan shodaqoh UPZ Lazismaz Masjid Al-Azhar.
Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif yaitu penelitian yang menghasilkan berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang atau perilaku yang diamati. Sumber data penelitian yang digunakan yaitu sumber data primer berupa data-data dari lapangan melalui metode wawancara dengan Ketua (KH. Khoirul Anwar, M.Ag), dewan pengawas (Ir. H. Sarjono) dan staf kantor (Riyanto, S.Pd) UPZ Lazismaz itu sendiri. Kemudian data sekunder yang digunakan yaitu buku-buku, jurnal penelitian, arsip dan surat-surat organisasi serta penelitian lain yang berkaitan dengan UPZ Lazismaz. Untuk teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu metode wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Hasil penelitian UPZ Lazismaz Masjid Al-Azhar sudah mengimplementasikan fungsi manajemen zakat, infaq dan shodaqoh dengan baik, mulai dari tahap: 1) perencanaan (Planning) berupa perencanaan yang matang sebelum melaksanakan kegiatan yang telah disusun sebelumnya. 2) pengorganisasian (Organizing) berupa pembagian tugas, wewenang, tanggungjawab, pertanggungjawaban, dan pendelegasian. 3) penggerakan (Actuating) berupa pemberian motivasi, bimbingan, dorongan serta inspirasi kepada bawahan. 4) pengawasan (Controlling) berupa penetapan indikator kerja dan pengambilan keputusan diantaranya: menetapkan alat pengukur, penilaian (evaluasi), dan tindakan perbaikan. Adapun strategi manajemen zakat, infaq dan shodaqoh dengan menggunakan pendekatan analisis SWOT, yaitu: 1) Strenght (kekuatan), meliputi: adanya UU No 23 Tahun 2011, muzakki, independent, sasaran; program, upgrading, citra lembaga dan pelayanan. 2) Weakness (kelemahan), meliputi: minimnya sosialisasi dan edukasi ZIS, kurang cepat tanggap dalam pelayanan, dan tanggung jawab. 3) Opportunity (peluang), meliputi: mayoritas muslim, memupuk ukhuwah islamiyah, dan kemajuan teknologi. 4) Threats (tantangan atau ancaman), meliputi: lemahnya pengetahuan ZIS, dan terjadinya resesi

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Manajemen; zakat, infaq dan shodaqoh; Unit pengumpul zakat; ZISWAF
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.54 Zakat (Wakaf, Hibah, Infak, Sedekah, dll.)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD)
Depositing User: Erica Visiyam
Date Deposited: 03 Oct 2022 10:26
Last Modified: 03 Oct 2022 10:26
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17082

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics