Implementasi pengembangan wisata religi Makam Syekh Muhammad Hadi Girikusumo Kecamatan Mranggen Kabupaten Demak

Syarofuddin, Muhammad (2022) Implementasi pengembangan wisata religi Makam Syekh Muhammad Hadi Girikusumo Kecamatan Mranggen Kabupaten Demak. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1701036133_Muhammad_Syarofuddin] Text (Skripsi_1701036133_Muhammad_Syarofuddin)
Skripsi_1701036133_Muhammad_Syarofuddin.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Wisata Religi memiliki makna bagian aktivitas dakwah yang mampu menawarkan wisata baik pada objek dan daya tarik wisata bernuansa agama maupun umum, yang mampu menggugah kesadaran masyarakat ke Maha Kuasaan Allah SWT dan kesadaran agama. Lalu cara mengembangkan daya tarik tersebut menggunakan empat aspek (4A) yaitu: Attraction, Amenity, Accessibility, Ancilliary sebagai dasar yang harus diperhatikan dalam penawaran produk pariwisata. Sehingga tujuan dalam penelitian ini ialah mengetahui sejarah makam Syekh Muhammad Hadi Girikusumo Kecamatan Mranggen Kabupaten Demak dan mengetahui Implementasi pengembangan Wisata Religi Di Makam Syekh Muhammad Hadi Girikusumo Kecamatan Mranggen Kabupaten Demak.
Adapun rumusan masalah pada penelitian ini adalah (1) Bagaimana sejarah makam Syekh Muhammad Hadi Girikusumo Kecamatan Mranggen, Kabupaten Demak. (2) Bagaimana Implementasi pengembangan Wisata Religi Di Makam Syekh Muhammad Hadi Girikusumo Kecamatan Mranggen Kabupaten Demak. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan obyek penelitianya adalah wisata religi Syekh Muhammad Hadi Girikusumo Kecamatan Mranggen Kabupaten Demak. Selain itu teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan (1) Observasi (2) Wawancara dan (3) Dokumentasi.
Penelitian ini memiliki hasil bahwa wisata religi Syekh Muhammad Hadi Girikusumo sudah mengimplementasikan empat aspek (4A) pariwisata. (1) Attraction yang dimiliki oleh wisata tersebut ialah Makam Syekh Muhammad Hadi Girikusumo, Masjid Baitussalam, Haul Mbah Hadi Girikusumo, dan Masjlis Ta’lim JAMUNA. (2) Amenity yang dimiliki oleh wisata tersebut ialah parkir yang luas, toilet dan tempat wudhu, dan tempat istirahat. (3) Accessibility yang dimiliki oleh wisata tersebut ialah akses menuju makam cukup mudah dijangkau dengan kendaraan pribadi sekitar 10 menit dari jalan raya Mranggen dan juga jalan menuju ke makam berupa aspal yang masih bagus tanpa ada kerusakan. (4) Ancilliary yang dimiliki oleh wisata tersebut ialah terdapat sukarelawan dari warga sekitar yang bernama AMGI (Anak Muda Girikusumo), juru kunci makam, dan pengelola masjid sebagai pusat informasi

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Empat Aspek (4A) Pariwisata;Wisata Religi; Makam; Dakwah; Makam Syekh Muhammad Hadi Girikusumo
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD)
Depositing User: Erica Visiyam
Date Deposited: 03 Oct 2022 10:27
Last Modified: 03 Oct 2022 10:27
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17083

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics