Manajemen sekolah dalam membentuk karakter peduli lingkungan pada siswa MA NU 04 Al-Ma’arif Boja Kendal

Chakim, Lukmanul (2022) Manajemen sekolah dalam membentuk karakter peduli lingkungan pada siswa MA NU 04 Al-Ma’arif Boja Kendal. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1503036037_Lukmanul_Chakim] Text (Skripsi_1503036037_Lukmanul_Chakim)
Skripsi_1503036037_Lukmanul_Chakim.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Kerusakan lingkungan yang disebabkan oleh manusia sangatlah besar. Karena permasalahan tersebut, pemerintah membuat peraturan tentang lingkungan hidup. Penerapan pendidikan lingkungan hidup di sekolah bertujuan menanamkan karakter siswa peduli lingkungan.
Adapun jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dan uji keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan sumber.
Hasil dari penelitian ini adalah (1) manajemen sekolah di MA NU 04 Al-Ma’arif Boja Kendal ditata dan dilaksanakan sedemikian rupa oleh madrasah untuk mencapai madrasah yang unggul. (2) Implikasi program peduli lingkungan dalam membentuk karakter peduli lingkungan pada siswa di MA NU 04 Al-Ma’arif Boja Kendal adalah siswa menjadi terbiasa membuang dan memilah sampah sesuai dengan jenisnya, selain itu siswa juga dapat lebih kreatif dengan adanya perlombaan yang dilaksanakan di madrasah. Saran peneliti untuk kepala madrasah maupun guru adalah dapat lebih meningkatkan kualitas pengajaran maupun pembiasaan kepada siswa untuk menjaga kebersihan lingkungan sekitar.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Manajemen sekolah; Program Adiwiyata; Pendidikan Karakter; Peduli Lingkungan
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.2 Administrasi sekolah, administrasi pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: Putri Ayu Novita
Date Deposited: 04 Oct 2022 08:59
Last Modified: 04 Oct 2022 08:59
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17086

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics