Manajemen sarana dan prasarana pendidikan di MTs Fatahillah Semarang

Umam, Khoerul (2022) Manajemen sarana dan prasarana pendidikan di MTs Fatahillah Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1503036058_Khoerul_Umam] Text (Skripsi_1503036058_Khoerul_Umam)
Skripsi_1503036058_ Khoerul_Umam.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Sarana dan prasarana pendidikan merupakan komponen penting dalam pendidikan dan menjadi satu dari delapan Standar Nasional Pendidikan. Begitu pentingnya sarana dan prasarana pendidikan sehingga setiap institusi berlomba-lomba untuk memenuhi standar sarana dan prasarana pendidikan demi meningkatkan kualitas proses pembelajaran, sehingga diperlukan manajemen sarana dan prasarana pendidikan di M.Ts. Fatahillah Semarang.
Permasalahan yang ingin diteliti (1) Bagaimana perencanaan sarana dan prasarana pendidikan di M.Ts. FatahillahSemarang (2) Bagaimana pelaksanaan sarana dan prasarana pendidikan di M.Ts. Fatahillah Semarang (3) Bagaimana Evaluasi Sarana dan prasarana Pendidikan di M.Ts. Fatahillah Semarang
Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian diolah dalam bentuk kata-kata atau deskriptif yang kemudian dianalisis berdasarkan teori.
Hasil penelitian menunjukkan dalam perencanaan sarana dan prasarana kepala sekolah melakukan rapat dengan karyawan dan staf untuk meminta pendapat tentang apa saja sarana dan prasarana yang dibutuhkan. Untuk itu diperlukan adanya manajemen sarana dan prasarana pendidikan di sana, seperti halnya membuat daftar jenis barang, memberikan job description yang jelas kepada seluruh karyawan yang ada disekolah terkait dengan tugasnya masing-masing.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Manajemen; Sarana dan Prasarana; Sekolah; Pendidikan
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.6 Gedung dan bangunan sekolah, fasilitas fisik pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: Putri Ayu Novita
Date Deposited: 05 Oct 2022 08:55
Last Modified: 05 Oct 2022 08:55
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17091

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics