Analisis pengaruh kesadaran wajib pajak dan pelayanan pegawai pajak terhadap kepatuhan wajib pajak pada kantor pelayanan wajib pajak Kabupaten Kendal tahun 2019

Dewi, Nurul Aulia (2021) Analisis pengaruh kesadaran wajib pajak dan pelayanan pegawai pajak terhadap kepatuhan wajib pajak pada kantor pelayanan wajib pajak Kabupaten Kendal tahun 2019. Undergraduate (S1) thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO.

[thumbnail of Skripsi_1505046049_Nurul Aulia Dewi_Lengkap] Text (Skripsi_1505046049_Nurul Aulia Dewi_Lengkap)
NURUL AULIA DEWI_1505046049_SKRIPSI LENGKAP-dikonversi - aulia dewi (2).pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Pajak merupakan unsur penting dalam sebuah Negara di mana pajak merupakan pendapatan Negara yang cukup besar dan memiliki pengaruh terhadap Negara yang juga cukup besar. Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris Analisis Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak Dan Pelayanan Pegawai Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Pada Kantor Pelayanan Pajak Kabupaten Kendal Tahun 2019.
Populasi yang akan diteliti dalam riset ini adalah seluruh wajib pajak di KPP Kabupoaten Kendal yang tidak diketahui dengan pasti jumlahnya. Jumlah penduduk kota Semarang yang dicatat Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil kota Kendal adalah sebanyak 1,674,358 jiwa. Adapun sampel yang digunakan sebanyak 100 responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling yaitu teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan penyebaran kuesioner kepada responden penelitian, yakni wajib pajak pribadi di kantor KPP Pratama Kabupaten Kendal. Metode analisis yang digunakan adalah Regresi Linier Berganda yang sebelumnya diuji dengan menggunakan uji validitas dan reliabilitas.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kesadaran wajib pajak dan pelayanan wajib pajak berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak. Implikasi penelitian dalam penelitian ini adalah petugas pajak agar dapat lebih meningkatkan pelayanan infor-masi perpajakan kepada Wajib Pajak misalnya penyuluhan informasi penghitungan pajak, tempat pembayaran pajak dan lain-lain. Meningkatkan rasa kesadaran Wajib Pajak agar Wajib Pajak disiplin membayar Pajak tepat waktu.Bagi peneliti selanjutnya, diharapkan agar dapat menambah sampel penelitian agar hasil penelitian tentang lebih sempurna.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Wajib pajak; Pegawai pajak; Kepatuhan wajib pajak
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 336 Public finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 62202 - Akuntansi Syariah
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 03 Oct 2022 05:56
Last Modified: 03 Oct 2022 07:23
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17114

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics