Pengaruh iklan dan citra merek (brand image) terhadap keputusan pembelian Marina Handbody Lotion dalam perspektif ekonomi Islam : studi kasus pada ibu rumah tangga masyrakatKelurahan Wates Kota Semarang

Ariyanti, Yulia (2022) Pengaruh iklan dan citra merek (brand image) terhadap keputusan pembelian Marina Handbody Lotion dalam perspektif ekonomi Islam : studi kasus pada ibu rumah tangga masyrakatKelurahan Wates Kota Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1505026072_Evrida_Dini_Wulansari] Text (Skripsi_1505026072_Evrida_Dini_Wulansari)
skripsi_1505026115_YULIA_ARIYANTI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

One of the handbody lotion brands that is favored by some people in Indonesia is the Marina brand. The decision to buy Marina handbody lotion can be influenced by several factors including advertising and brand image. This study aims to determine the influence of advertising and brand image on the purchase decision of Marina Handbody Lotion on Housewives of the Wates Village Community, Semarang City. This research uses a type of quantifiable research with a descriptive approach. The population in this study were users of Marina handbody lotion in housewives of the Wates Village Community in Semarang City. The non-problability sampling technique used the slovin formula so that 95 respondents were obtained which were used as research samples. The measuring instrument in this study was a questionnaire with a likert scale. The data analysis used includes testing research instruments, classical assumptions, multiple regression analysis and hypothesis testing. The results showed that advertising had a calculation of 3.283 > 1.661 with a probability value of 0.001 < 0.05 which means that advertising has a positive and significant effect on purchasing decisions. rand Image shows a calculated t value of 6.796 > 1.661 with a probability value of 0.000 < 0.05 which means that the brand image has a positive and significant effect on purchasing decisions. The results of the determination test showed a value of 0.723. This shows that purchasing decisions are influenced by advertising and brand image by 72.3%. While the rest (100% - 72.3% = 27.7%) purchasing decisions were influenced by variables that were not studied in this study. The conclusion in this study is that advertising variables and brand image have a significant effect on the decision to buy handbody lotion in housewives of Wates Village, Semarang City. Kemajuan di bidang teknologi, telekomunikasi, dan informasi mendukung perkembangan teknologi internet. Dengan berbasis internet pelaku bisnis tidak perlu lagi mengalami kesuliltan dalam memperoleh informasi apapun untuk menunjang aktivitas bisnisnya. Dengan adanya sistem pembayaran non tunai di online shop ini membuat masyarakat khususnya mahasiswa lebih mudah untuk melakukan transaksi. Adanya penggunaan uang elektronik yang meningkat di kalangan masyarakat saat ini dapat mempengaruhi perilaku masyarakat dalam berkonsumsi. Karena kemudahan dalam bertransaksi memungkinkan seseorang lebih mudah membelanjakan uangnya, dalam hal ini penggunaan uang elektronik merupakan yang paling mudah dijangkau dari kalangan masyarakat menengah kebawah sampai menengah atas. Banyak beredar uang elektronik untuk jaman sekarang salah satunya DANA yang banyak digunakan. Metodologi dalam penelitian ini mengunakan penelitian kuantitatif, dimana sumber datanya menggunakan data primer dari penyebaran pernyataan kuesioner pada masyarakat desa Sarirejo, Kec. Kaliwungu, Kab. Kendal . Populasi penelitian ini adalah masyarakat desa. Sarirejo kec. Kaliwungu, Kab. Kendal dan sampel yang digunakan adalah random sampling sebesar 125 responden. Hasil dari peritungan spss bahwa Persepsi kemudahan berpengaruh positif terhadap minat menggunakan terbukti. Hal ini dibuktikan dengan nilai t hitung sebesar 4,320 lebih besar dari t tabel 1,660 dengan nilai sig. sebesar 0,000 <0,05 (signifikan) sedangkan Fitur Layanan tidak berpengaruh signifikan terhadap minat menggunakan. Hal ini dibuktikan dengan nilai t hitung lebih besar dari t table yaitu 1,820 > 1,660 dengan nilai sig. sebesar 0,071 > 0,05 (tidak signifikan). Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi manfaat berpengaruh positif terhadap minat menggunakan berpengaruh positif terhadap minat beli. Hal ini dibuktikan dengan, nilai t hitung sebesar 6,090 lebih besar t tabel yaitu 1,660 dengan nilai sig. sebesar 0,000 < 0,05 (signifikan).

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Advertising; Iklan; Cita merek; Brand image; Purchasing decision; Keputusan pembelian; Ibu rumah tangga; Ekonomi Islam
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing management (pemasaran, distribusi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Chantika Khoirunnisaa
Date Deposited: 03 Oct 2022 09:45
Last Modified: 03 Oct 2022 09:45
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17118

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics