Analisis implementasi video sebagai media pembelajaran daring pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam kelas III di MI Miftahul Huda Bulu - Rembang tahun pelajaran 2021/2022

Sari, Putri Arum (2022) Analisis implementasi video sebagai media pembelajaran daring pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam kelas III di MI Miftahul Huda Bulu - Rembang tahun pelajaran 2021/2022. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1703096057_Putri_Arum_Sari] Text (Skripsi_1703096057_Putri_Arum_Sari)
Skripsi_1703096057_Putri_Arum_Sari.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi video sebagai media pembelajaran daring pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas III di MI Miftahul Huda Bulu – Rembang tahun pelajaran 2021/2022. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan teknik analisis deskriptif kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi video sebagai media pembelajaran daring pada mata pelajaran SKI kelas III di MI Miftahul Huda Bulu – Rembang dapat menarik perhatian siswa dan dapat memahamkan siswa dalam proses pembelajaran. Implementasi pembelajaran dilaksanakan dengan cara guru membagikan link video yang berasal dari Youtube melalui WA grup kelas dan memberikan arahan kepada siswa untuk mengamati video pembelajaran. Kemudian guru memberikan evaluasi berupa penugasan. Video yang digunakan berisi materi tentang masa remaja Rasulullah, mulai dari menggembala ternak, berdagang dan peristiwa perang Fijar. Selain itu terdapat beberapa kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan proses pembelajaran daring, seperti terkendala akses internet dan jaringan. Adapun solusi yang diberikan kepala Madrasah dan guru kelas III yaitu dengan melaksanakan pembelajaran dengan waktu yang lebih fleksibel, memilih video pembelajaran yang sesuai, mempermudah siswa dalam mengumpulkan tugas, berkolaborasi dengan orang tua siswa, serta menyediakan kuota dan Wifi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran daring; Video; Media pembelajaran; Sejarah Kebudayaan Islam; Madrasah ibtidaiyah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Zara Hafidhany
Date Deposited: 05 Oct 2022 09:35
Last Modified: 05 Oct 2022 09:35
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17122

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics