Peran UMKM Zaura Hijab dalam meningkatkan kesejahteraan ekonomi perempuan di Desa Panjunan Kecamatan Pati Kabupaten Pati

Mufarikha, Awalina Rosihan (2022) Peran UMKM Zaura Hijab dalam meningkatkan kesejahteraan ekonomi perempuan di Desa Panjunan Kecamatan Pati Kabupaten Pati. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1505026128_Awalina_Rosihan_Mufarikha] Text (Skripsi_1505026128_Awalina_Rosihan_Mufarikha)
Skripsi_1505026128_Awalina_Rosihan_Mufarikha.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

UMKM adalah suatu lembaga yang mempunyai kemampuan untuk menciptakan lapangan pekerjaan, memeratakan pendapatan, mengurangi kemiskinan serta berperan dalam pertumbuhan ekonomi. Perkembangan zaman yang semakin maju terutama di bidang fashion adalah salah satu faktor dibukanya lapangan pekerjaan di sektor informal seperti UMKM Zaura Hijab, yang dipandang mampu mensejahterakan ekonomi perempuan sekitar termasuk di dalamnya menurunkan angka kemiskinan keluarga. Keberadaan UMKM Zaura Hijab di Desa Panjunan turut serta memberi kontribusi pada peningkatan kesejahteraan ekonomi perempuan terutama para karyawan Zaura Hijab yang keseluruhan berjenis kelamin perempuan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan, yakni penelitian yang datanya penulis peroleh dari lapangan, baik berupa data lisan maupun data tertulis. Data primer dalam penelitian ini adalah pemilik UMKM Zaura Hijab beserta para karyawan dan masyarakat perempuan sekitar di Desa Panjunan Kecamatan Pati Kabupaten Pati. Metode ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keberadaan UMKM Zaura Hijab di Desa Panjunan dapat meningkatkan kesejahteraan ekonomi perempuan. Hal ini dapat dilihat dari adanya peningkatan tahapan keluarga sejahtera berdasarkan standar dari BKKBN. Faktor-faktor yang menghambat UMKM Zaura Hijab di Desa Panjunan dalam meningkatkan kesejahteraan ekonomi perempuan, di antaranya adalah pemasaran produk, pergantian tren yang cepat, kurangnya sumber daya manusia terlebih saat musim panen bawang merah tiba serta kendala permodalan. Sedangkan faktor pendukungnya adalah telah memiliki relasi bisnis yang solid, pemilik Zaura mempunyai kreativitas yang tinggi dan terus berusaha menciptakan produk-produk inovatif, memiliki strategi bisnis yang baik, cermat menentukan segmen pasar serta dukungan dari pemerintah.

ABSTRACT:
UMKM is an institution that has the ability to create jobs, distribute income, reduce poverty and play a role in economic growth. The development of an increasingly advanced era, especially in the field of fashion, is one factor in the opening of employment opportunities in the informal sector, such as the Zaura Hijab UMKM, which is seen as being able to improve the economic welfare of local women, including reducing family poverty. The existence of Zaura Hijab UMKM in Panjunan Village also contributes to improving women's economic welfare, especially Zaura Hijab employees who are all female. This study uses a field research method, namely research in which the authors obtain data from the field, both in the form of oral data and written data. The primary data in this study were the owners of the Zaura Hijab UMKM along with their employees and the surrounding female community in Panjunan Village, Pati District, Pati Regency. This method uses data collection techniques by means of interviews, observation and documentation. The results showed that the existence of Zaura Hijab UMKM in Panjunan Village could improve women's economic welfare. This can be seen from the increase in the stages of prosperous families based on the standards of the BKKBN. Factors that hinder Zaura Hijab UMKM in Panjunan Village in improving women's economic welfare, including product marketing, rapid trend changes, lack of human resources especially when the onion harvest season arrives and capital constraints. While the supporting factors are having solid business relationships, Zaura owners have high creativity and continue to try to create innovative products, have a good business strategy, carefully determine market segments and support from the government.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: UMKM; Economic welfare; Kesejahteraan ekonomi; Perempuan
Subjects: 300 Social sciences > 305 Social groups > 305.4 Women
300 Social sciences > 330 Economics > 338 Production
300 Social sciences > 360 Social services; association > 362 Social welfare problems and services
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Chantika Khoirunnisaa
Date Deposited: 05 Oct 2022 09:45
Last Modified: 05 Oct 2022 09:45
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17125

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics