Pengaruh model pembelajaran make a match terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran akidah akhlak materi akhlak terpuji kelas II MI NU 35 Miftahul Ulum Weleri Kendal tahun ajaran 2021/2022

Nikmah, Zulfa Lailatul (2022) Pengaruh model pembelajaran make a match terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran akidah akhlak materi akhlak terpuji kelas II MI NU 35 Miftahul Ulum Weleri Kendal tahun ajaran 2021/2022. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1703096102_Zulfa_Lailatul_Nikmah] Text (Skripsi_1703096102_Zulfa_Lailatul_Nikmah)
Skripsi_1703096102_Zulfa_Lailatul_Nikmah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran make a match terhadap hasil belajar siswa kelas II MI NU 35 Miftahul Ulum Weleri Kendal. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan pendekatan eksperimen Rancangan penelitian ini adalah pre-eksperimental dengan desain One Group Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas II yang berjumlah 25 siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan menggunakan tes tertulis dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan meliputi uji normalitas, uji hipotesis yang menggunakan uji perbedaan dua rata-rata dengan analisis uji-t, analisis korelasi biserial, dan analisis koefisien determinasi
Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran make a match berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan analisis uji-t dengan t-hitung = 4,641 dan t-tabel = 1,714, karena t-hitung>t-tabel maka Ha diterima. Analisis korelasi biserial diperoleh r-hitung = 0,8265 yang menunjukkan tingkat korelasi sangat kuat. Pada analisis korelasi determinasi diketahui sebesar 68%. Artinya hasil diperoleh maka ada perbedaan rata-rata nilai post test dengan nilai pretest, dan ada pengaruh model pembelajaran make a match terhadap hasil belajar siswa sebesar 68%.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran; Make a match; Hasil belajar; Akidah akhlak; Madrasah ibtidaiyah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Zara Hafidhany
Date Deposited: 05 Oct 2022 09:46
Last Modified: 05 Oct 2022 09:46
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17126

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics