Analisis peran wanita karir dalam keluarga menurut hukum Islam : studi kasus pada CV. Pusaka Abadi Semarang

Hana, Faza Ilfa (2022) Analisis peran wanita karir dalam keluarga menurut hukum Islam : studi kasus pada CV. Pusaka Abadi Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1702016023_Faza_Ilfa_Hana] Text (Skripsi_1702016023_Faza_Ilfa_Hana)
Skripsi_1702016023_Faza_Ilfa_Hana.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Penulisan skripsi ini dilatarbelakangi oleh wanita karir yang berkerja pada CV. Pusaka Abadi Semarang, hanya saja dalam fenomena ini menjadi permasalahan adalah melihat realitas bahwa wanita yang berkarir cenderung banyak permasalahan dalam mengurus keluarga akan perannya. Banyak fenomena dimana ketika wanita berkarir bertujuan mencapai jati diri dan peningkatan ekonomi yang mengutamakan karirnya sementara mengesampingkan perannya dalam keluarga. Maka dari itu pentingnya bagi wanita karir untuk menyeimbangkan perannya, antara karir dengan keluarga.
Berdasarkan latar belakang tersebut dapat dirumuskan masalah sebagai berikut : (1) Apa saja faktor yang mempengaruhi seorang wanita menjadi wanita karir Pada CV. Pusaka Abadi (2) Bagaimana peran wanita karir dalam sebuah keluarga menurut Hukum Islam.
Metode penelitian yang di gunakan peneliti adalah menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik analisis jenis deskriptif. Dengan pendekatan normatif empiris, pendekatan yang bertolak ukur pada Hukum Islam. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif lapangan (field research).
Hasil dari penelitian ditemukan bahwa faktor yang mempengaruhi wanita berkarir pada CV. Pusaka Abadi yaitu : faktor ekonomi, faktor aktualisasi diri atau di sebut juga passion selanjutnya faktor ingin memanfaatkan pendidikan, dan faktor ingin menambah pengalaman dan relasi baru. Peran wanita karir menurut Hukum Islam terbingkai dalam 2 hal yang pertama bersifat kodrati sebagaimana dalam kodrat wanita yang telah terbingkai menjadi istri. Fungsi wanita yang kedua bersifat Insaniyyah yaitu sebagai hamba Allah. Menurut ajaran Islam apapun peranan yang dilakukan oleh seorang wanita karir dalam keluarga yang utama sebagai ibu rumah tangga tidak boleh dilalaikan. Agar terhindar dari akses negatif. Namun sebagai seorang istri hendaknya ia mendapatkan izin dari suaminya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Wanita Karir; Keluarga; Rumah Tangga; Hukum Islam
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.57 Religious experience, life, practice > 297.577 Marriage and family life
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74230 - Hukum Keluarga Islam (Ahwal al-Syakhsiyyah)
Depositing User: Vania Syifaul
Date Deposited: 05 Oct 2022 09:54
Last Modified: 05 Oct 2022 09:54
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17128

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics