Impelementasi laporan keuangan lembaga nirlaba berbasis aplikasi : studi kasus Masjid Hidayatullah Kelurahan Wonosari Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang

Ghojali, Ahmad (2021) Impelementasi laporan keuangan lembaga nirlaba berbasis aplikasi : studi kasus Masjid Hidayatullah Kelurahan Wonosari Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang. Undergraduate (S1) thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO.

[thumbnail of Skripsi_1705046021_Ahmad Ghojali_Lengkap] Text (Skripsi_1705046021_Ahmad Ghojali_Lengkap)
1705046021_AHMAD GHOJALI_LENGKAP TUGAS AKHIR - Ghozali(1).pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian denan judul “Impelementasi Laporan Keuangan Lembaga Nirlaba Berbasis Aplikasi (Studi Kasus Masjid Hidayatullah Kelurahan Wonosari Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang)” ini merupakan penelitian yang bertujuan untuk menjawab penerapan ISAK 35 Pada Organisasi Non Profit Masjid Hidayatullah daerah Wonosari, Kota Semarang dan bentuk desain aplikasi pengelolaan masjid berbasis Microsoft excel. Desain aplikasi ini bertujuan untuk memudahkan pengelola masjid/Ta’mir dalam penyajian laporan keuangan di masjidnya.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan metode deskriptif analitis, pengumpulan informasi melalui wawancara, observasi dan dokumentasi tentang masjid yang dijadikan objek penelitian. Penelitian ini merupakan penilitian yang bertujuan membuat desain aplikasi akuntansi masjid berbasis Microsoft Excel yang akan memudahkan pengajian laporan keuangan masjid.
Hasil dari penelitian ini adalah Sistem pencatatan yang digunakan pada Masjid Hidayatullah sebelumnya masih menggunakan pencatatan secara manual yakni hanya berupa penerimaan kas dan pengeluaran saja. Dengan adanya desain aplikasi akuntansi masjid akan memudahkan Pengelola masjid dalam membuat alur pencatatan laporan keuangan masjid yang sesuai dengan ISAK 35. Tahapan pembuatan aplikasi dimulai dengan penyesuaian akun yang dibutuhkan masjid, perancangan desain aplikasi akuntansi di Microsoft Excel dan penerapan aplikasi di Masjid Hidayatullah. Aplikasi ini merupakan upaya menginisiasi bahwa masjid dapat membuat laporan keuangan berbasis sistem aplikasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: ISAK 35; Lembaga nirlaba; Masjid; Aplikasi akuntansi
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 62202 - Akuntansi Syariah
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 04 Oct 2022 00:54
Last Modified: 04 Oct 2022 00:54
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17136

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics