Gaya kepemimpinan kyai di Pondok Pesantren Tahfidz Hidayatul Qur’An Desa Kunir Lor Dempet Demak

Zahroni, Muhamad Fahmi (2022) Gaya kepemimpinan kyai di Pondok Pesantren Tahfidz Hidayatul Qur’An Desa Kunir Lor Dempet Demak. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1703036004_Muhamad_Fahmi_Zahroni] Text (Skripsi_1703036004_Muhamad_Fahmi_Zahroni)
Skripsi_1703036004_Muhamad_Fahmi_Zahroni.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Kepemimpinan merupakan kemampuan yang harus dimiliki oleh setiap pemimpin dalam memimpin suatu kelompok, baik terorganisasi maupun tidak. Gaya kepemimpinan merupakan suatu cara pemimpin untuk mempengaruhi bawahannya dalam mencapai suatu tujuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Bagaimana gaya kepemimpinan kyai pondok pesantren Tahfidz Hidayatul Qur’an. (2) Bagaimana peran kepemimpinan kyai dalam mengelola pondok pesantren Tahfidz Hidayatul Qur’an. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif, data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui metode wawancara, observasi, dokumentasi, triangulasi, serta dianalisis dengan teknik analisis deskriptif.
Pada kajian gaya kepemimpinan kyai pondok pesantren Tahfidz Hidayutul Qur’an, menunjukkan bahwa: (1) gaya kepemimpinan kyai adalah termasuk kedalam kepemimpinan yang demokratis yang berakar pada kharismatik. (2) Peran kyai dalam mengelola pondok pesantren yaitu dalam pengambilan keputusan, kyai melibatkan para ustadz dan ustadzah, dalam pengaruhnya sebagai pemimpin pondok pesantren, kyai sangat berpengaruh terhadap pengelolaan dan perkembangan pondok pesantren, dalam membimbing, kyai membimbing secara langsung dengan mengarahkan ustadz dan ustadzah serta mengajar ke santri-santri, dalam menjaga keharmonisan, kyai melakukan komunikasi yang baik antar semuanya seperti kyai ke ustadz-ustadzah ataupun kyai ke santri-santri.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Gaya Kepemimpinan; Kyai; Pondok Pesantren
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: Putri Ayu Novita
Date Deposited: 05 Oct 2022 10:17
Last Modified: 05 Oct 2022 10:17
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17147

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics