Analisis hukum Islam terhadap pemberian jumlah mahar yang disesuaikan dengan waktu pelaksanaan pernikahan : studi kasus di Desa Kemloko Kecamatan Godong Kabupaten Grobogan

Muzaki, Ahmad Faiz (2022) Analisis hukum Islam terhadap pemberian jumlah mahar yang disesuaikan dengan waktu pelaksanaan pernikahan : studi kasus di Desa Kemloko Kecamatan Godong Kabupaten Grobogan. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1702016052_Ahmad_Faiz_Muzaki] Text (Skripsi_1702016052_Ahmad_Faiz_Muzaki)
Skripsi_1702016052_Ahmad_Faiz_Muzaki.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Pemberian mahar mengalami perkembangan seiring perkembangan zaman. Bukan hanya dengan cara menghias mahar yang akan diberikan agar terlihat lebih indah tetapi juga pemberian mahar yang disesuaikan dengan waktu tanggal pernikahan yang menjadi trend pernikahan di zaman milenial dan seakan sudah menjadi kebiasaan. Pemberian mahar sepert ini akan menimbulkan permasalahan ketika calon istri yang mengharuskan agar mahar di sesuaikan dengan tanggal pernikahan seperti halnya yang terjadi di Desa Kemloko, Kecamatan Godong, Kabupaten Grobogan. Permintaan jumlah mahar yang disesuaikan dengan waktu pelaksanaan pernikahan inilah yang akhirnya menimbulkan kesulitan bagi suami untuk memberi mahar tersebut. Hal ini disebabkan karena dalam praktiknya jumlah mahar yang disesuaikan dengan waktu pelaksanaan pernikahan, nominal uang akan disesuaikan dengan tanggal bulan, bulan dan tahun pernikahan itu dilaksanakan.
Penelitian yang berjudul “ Analisis Hukum Islam Terhadap Pemberian Jumlah Mahar Yang Disesuaikan Dengan Waktu Pelaksanaan Pernikahan ( Studi Kasus di Desa Kemloko Kecamatan Godong Kabupaten Grobogan )”. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan tentang motivasi calon pengantin di Desa Kemloko Kecamatan Godong Kabupaten Grobogan yang melakukan pemberian mahar yang disesuaikan dengan waktu pelaksanaan pernikahan dan bagaimana mahar seperti tersebut diatur dalam Islam.
Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian lapangan (filed research) dengan jenis kualitatif deskriptif dengan pendekatan non doktrinal dengan studi empiris. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan wawancara, dokumentasi dan observasi, sehingga didapatkan informasi yang tepat antara teori yang didapat dengan praktik yang terjadi di lapangan.
Hasil penelitian yang diperoleh dalam penelitian ini menyatakan bahwa pemberian mahar yang disesuaikan dengan waktu pernikahan yang dilakukan oleh pasangan pengantin di Desa Kemloko Kecamatan Godong Kabupaten Grobogan karena mengandung nilai historis, kesan unik dan trend yang terjadi di masyarakat, dalam prespektif hukum Islam yaitu mengandung 2 implikasi hukum, mubah karena memang tidak ada larangan melakukan pemberian mahar yang disesuaikan dengan waktu pelaksanaan pernikahan dan makruh karena menyulitkan pihak calon suami apalagi sampai menyebabkan tertundanya sebuah pernikahan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Mahar; Pernikahan
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.57 Religious experience, life, practice > 297.577 Marriage and family life
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74230 - Hukum Keluarga Islam (Ahwal al-Syakhsiyyah)
Depositing User: Vania Syifaul
Date Deposited: 05 Oct 2022 10:21
Last Modified: 05 Oct 2022 10:21
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17150

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics