Pengaruh akuntabilitas, transparansi alokasi dana desa, dan kepemimpinan pemerintah desa terhadap partisipasi masyarakat dalam pembangunan desa

Suci, Tiara Faikha (2022) Pengaruh akuntabilitas, transparansi alokasi dana desa, dan kepemimpinan pemerintah desa terhadap partisipasi masyarakat dalam pembangunan desa. Undergraduate (S1) thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO.

[thumbnail of Skripsi_1705046042_Tiara Faikha Suci_Lengkap] Text (Skripsi_1705046042_Tiara Faikha Suci_Lengkap)
1705046042_Tiara Faikha Suci_Full Skripsi - tiaraa faikhaa.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Pada awal tahun 2021 pemerintah desa Penyangkringan memberikan fasilitas berupa pasar sementara, namun berdirinya bangunan tersebut kurang efektif dari lokasinya sehingga banyak masyarakat yang tidak mau menempati dan menimbulkan pro dan kontra di masyarakat yang menyebabkan bangunan pasar sementara tersebut dibongkar. Dalam permasalahan tersebut dapat dilihat bahwa partisipasi masyarakat dalam pembangunan desa masih rendah seperti dalam tahap memanfaatkan hasil pembangunan desa.
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Model regresi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu model regresi linier berganda dengan program SPSS. sampel yang digunakan menggunakan teknik purposive Sampling. Jumlah responden yang di jadikan sampel yaitu sebanyak 98 sampel responden masyarakat Desa Penyangkringan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menguji apakah terdapat pengaruh akuntabilitas, transparansi alokasi dana desa, dan kepemimpinan pemerintah desa terhadap partisipasi masyarakat dalam pembangunan desa.
Penelitian ini memperoleh hasil bahwa akuntabilitas dan transparansi alokasi dana desa tidak berpengaruh terhadap partisipasi masyarakat dalam pembangunan desa, sedangkan kepemimpinan berpengaruh positif dan signifikan terhadap partisipasi masyarakat dalam pembangunan desa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Partisipasi masyarakat; Pembangunan desa; Akuntabilitas; Transparansi; Pemerintah desa
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 62202 - Akuntansi Syariah
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 04 Oct 2022 01:21
Last Modified: 04 Oct 2022 01:21
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17153

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics