Pengaruh pelayanan sistem pembayaran pajak secara online terhadap keringanan syarat administrasi pajak kendaraan bermotor pada unit pelayanan sistem administrasi manunggal dibawah satu atap (SAMSAT) Kendal

Maslakhah, Kurniastuti'atul (2022) Pengaruh pelayanan sistem pembayaran pajak secara online terhadap keringanan syarat administrasi pajak kendaraan bermotor pada unit pelayanan sistem administrasi manunggal dibawah satu atap (SAMSAT) Kendal. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1505046043_Kurniastuti’atul_Maslakhah] Text (Skripsi_1505046043_Kurniastuti’atul_Maslakhah)
Skripsi_1505046043_Kurniastuti’atul_Maslakhah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Inovasi pemerintah dalam meningkatkan pendapatan daerah dalam sector perpajakan yaitu salah satunya dengan cara didirikan Samsat online. Dimana sistem ini bisa memudahakan wajib pajak dalam melakukan pembayaran pajak secara online. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya sistem pembayaran pajak secara online apakah dapat berpengaruh terhadap keringanan syarat administrasi pajak kendaraan bermotor pada unit pelayanan Sistem Administrasi Manunggal dibawah Satu Atap (Samsat) Kendal. Penelitian ini merupakan jenis penelitian studi kasus (case study). Penelitian ini menggunakan pendekatan kulitatif yaitu prosedutur penelitian yang menghasilkan data deskriptif. Metode pengambilan data yaitu menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh penulis, penulis dapat menyimpulkan bahwa dalam penerapan sistem pembayaran pajak kendaraan bermotor secara online ada yang sudah berpengaruh dan ada yang belum berpengaruh terhadap keringanan syarat administrasi pajak kendaraan bermotor. Yang sudah sesuai dan berpengaruh terletak pada bagian tidak membawa e-KTP, Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB), Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK), melakukan pembayaran bisa melalui ATM atau Bank yang sudah bekerja sama, membuat permohonan pengesahan STNK. Sedangkan yang masih belum berpengaruh, yaitu pada bagian alur cetak Surat Ketetapan Pajak Daerah (SKPD). Dimana cetak SKPD masih harus tetap dilakukan melalui Kantor Samsat Lnagsung dan belum bisa dilakukan secara online sehingga alur cetak SKPD belum meringankan wajib pajak dalam hal administrasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pembayaran pajak; Sistem online; Keringanan; Kendaraan bermotor; Administrasi pajak; SAMSAT
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 336 Public finance
300 Social sciences > 350 Public administration
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 62202 - Akuntansi Syariah
Depositing User: Zara Hafidhany
Date Deposited: 07 Oct 2022 07:22
Last Modified: 07 Oct 2022 07:22
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17155

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics