Pengaruh akuntabilitas laporan keuangan, transparansi dan religiusitas terhadap minat muzakki dalam membayar zakat profesi : studi kasus ASN Kabupaten Pekalongan

Zakiyati, Fikih (2022) Pengaruh akuntabilitas laporan keuangan, transparansi dan religiusitas terhadap minat muzakki dalam membayar zakat profesi : studi kasus ASN Kabupaten Pekalongan. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1805046061_Fikih_Zakiyati] Text (Skripsi_1805046061_Fikih_Zakiyati)
Skripsi_1805046061_Fikih_Zakiyati.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh akuntabilitas laporan keuangan, transparansi dan religuisitas terhadap minat muzakki dalam membayar zakat profesi studi kasus ASN Kabupaten Pekalongan. Minat muzakki yaitu suatu dorongan dari dalam diri muzakki yang mengakibatkan seseorang tersebut melakukan sesuatu hal yang diinginkan. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan menggunakan aplikasi IBM SPSS Statistik versi 24. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara dan penyebaran kuesioner kepada responden, dalam pengambilan sampel peneliti menggunakan teknik random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 84 muzakki yang sudah membayar zakat pada BAZNAS Kabupaten Pekalongan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa pada variabel transaparansi dan religiusitas berpengaruh positif terhadap minat muzakki dalam membayar zakat profesi, sedangkan pada variabel akuntabilitas laporan keuangan berpengaruh negatif terhadap minat muzakki dalam membayar zakat profesi. Keterbatasan dalam penelitian ini yaitu pada metode pengumpulan data dengan kuesioner, terdapat kemungkinan adanya data bias dikarenakan responden yang kurang sungguh-sungguh dalam mengisi pertanyaan kuesioner dan variabel yang digunakan hanya baru akuntabilitas laporan keuangan, transparansi dan religiusitas sehingga masih banyak variabel lain yang dapat mempengaruhi minat muzakki dalam membayar zakat.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Akuntabilitas; Laporan keuangan; Transparansi; Religiusitas; Minat muzakki; Zakat profesi
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 201 Religious mythology, general classes of religion, interreligious relations and attitudes, social theology
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.54 Zakat (Wakaf, Hibah, Infak, Sedekah, dll.)
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 62202 - Akuntansi Syariah
Depositing User: Zara Hafidhany
Date Deposited: 07 Oct 2022 08:35
Last Modified: 07 Oct 2022 08:35
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17175

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics