Manajemen berbasis sekolah dalam meningkatkan kualitas belajar siswa di MTs Al-Karimi 1 Tebuwung Kabupaten Gresik

Anam, Moh Khoirul (2001) Manajemen berbasis sekolah dalam meningkatkan kualitas belajar siswa di MTs Al-Karimi 1 Tebuwung Kabupaten Gresik. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1703036049_Moh_Khoirul_Anam] Text (Skripsi_1703036049_Moh_Khoirul_Anam)
Skripsi_1703036049_Moh_Khoirul_Anam.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) merupakan salah satu bentuk alterntif dalam pengelolaan madrasah, dalam progam desentralisasi Pendidikan. MBS merupakan strategi pengelolaan penyelenggaraan pendidikan di madrasah yang mengoptimalkan sumber daya internal sekolah dan lingkungan agar proses pembelajaran berjalan secara efektif dan efisien, sehingga sekolah mempu menghasilkan lulusan yang berkualitas.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan 1) implentasi MBS dalam meningkatkan mutu belajar siswa, 2) faktor apa saja yang dapat mempengaruhi implementasi MBS di MTs Alakarimi 1 Tebuwung Kabupaten Gresik. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif, pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi dari madrasah. adapun teknis analisis yang digunakan yaitu; reduksi data,penyajian data, kemmudian menarik kesimpulan dan verifikasi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa perencanaan pelaksanaan kegiatan yang dilakukan yaitu mengikuti prosedur standar yang diberikan oleh kepala madrasah kepada seluruh warga madrasah, baik itu guru, murid dan staf lainya dengan menerapkan indikator peningkatan kualitas belajar. diantaranya; 1) perilaku penddik, 2) perilaku siswa, 3) iklim pembelajaran, 4) materi pembelajaran, 5) media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Manajemen sekolah; Kualitas belajar; Siswa; Madrasah Tsanawiyah
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.2 Administrasi sekolah, administrasi pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: Putri Ayu Novita
Date Deposited: 10 Oct 2022 08:17
Last Modified: 10 Oct 2022 08:17
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17181

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics