Pengaruh kompetensi perangkat desa, partisipasi masyarakat dan sistem pengendalian internal terhdap akuntabilitas pengelolaan dana desa : studi kasus desa di Kecamatan Ketanggungan Kabupaten Brebes

Rahmaindah, Selinda (2022) Pengaruh kompetensi perangkat desa, partisipasi masyarakat dan sistem pengendalian internal terhdap akuntabilitas pengelolaan dana desa : studi kasus desa di Kecamatan Ketanggungan Kabupaten Brebes. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1805046114_Selinda_Rahmaindah] Text (Skripsi_1805046114_Selinda_Rahmaindah)
Skripsi_1805046114_Selinda_Rahmaindah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kompetensi perangkat desa, partisipasi masyarakat dan sistem pengendalian internal terhadap akuntanbilitas pengelolaan dana desa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jumlah responden atau pihak pengelola dana desa sebanyak 63 responden yang terdiri dari Kepala Desa, Sekertaris Desa dan Lebe Desa pada masing-masing desa yang berada di Kecamatan Ketanggunagn. Pengumpulan data menggunakan data primer melalui penyebaran kuisioner yang kemudian di proses dan dianalisis dengan menggunakan analisis regresi linear berganda. Metode yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah teknik Pusposive Sampling yaitu pengambilan sampel kepada responden yang sengaja dipilih dan memenuhi kriteria yang telah ditetapkan.
Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa variabel kompetensi perangkat desa berpengaruh positif terhadap akuntabilitas pengelolaan dana desa. Variabel partisipasi masyarakat berpengaruh positif terhadap akuntabilitas pengelolaan dana desa. Dan variabel sistem pengendalian internal tidak berpengaruh positif terhadap akuntabilitas pengelolaan dan desa. Di dalam penelitian ini terdapat beberapa keterbatasan diantaranya menghasilkan R square hanya 27,5%, variabel yang digunakan dalam penelitian ini hanya mencakup tiga variabel independen dan satu variabel dependen, serta objek yang digunakan terbatas hanya satu Kecamatan di Kabupaten Brebes.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kompetensi perangkat desa; Partisipasi masyarakat; Sistem pengendalian internal; Akuntabilitas; Pengelolaan dana desa
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 62202 - Akuntansi Syariah
Depositing User: Zara Hafidhany
Date Deposited: 10 Oct 2022 08:19
Last Modified: 10 Oct 2022 08:19
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17182

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics