Strategi promosi dalam meningkatkan jumlah peserta didik baru di SMK Sabilurrasyad Kendal

Lila Hirra, Masiga (2022) Strategi promosi dalam meningkatkan jumlah peserta didik baru di SMK Sabilurrasyad Kendal. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1703036084_Lila_Hirra_Masiga] Text (Skripsi_1703036084_Lila_Hirra_Masiga)
Skripsi_1703036084_Lila_Hirra_Masiga.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (998kB)

Abstract

Strategi promosi menjadi sangat penting bagi suatu perusahaan produsen barang, jasa, dan bahkan lembaga pendidikan. Bagi lembaga pendidikan strategi promosi ini digunakan untuk menarik minat siswa agar memilih sekolah yang dituju. Dalam merencanakan strategi promosi, suatu lembaga pendidikan harus mampu melihat apa yang dibutuhkan, serta merespon tuntutan yang diberikan oleh masyarakat agar dapat bersaing dengan lembaga pendidikan lainnya. Penelitian ini mengambil fokus permasalahan yang meliputi : 1) Apa strategi promosi yang dilakukan dalam meningkatkan peserta didik baru di SMK Sabilurrasyad Kendal? 2) Bagaimana implikasi dari strategi promosi yang dilakukan dalam meningkatkan peserta didik baru di SMK Sabilurrasyad Kendal?
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan metode pengumpulan data yaitu teknik observasi, teknik wawancara, teknik dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan keabsahan data menggunakan triangulasi metode dan triangulasi sumber.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi promosi yang dilakukan SMK Sabilurrasyad telah terlaksana dengan baik. Meskipun ada kendala yang dihadapi SMK Sabilurrasyad sehingga jumlah siswa mengalami penurunan, salah satunya yaitu 1) biaya sekolah di SMK Sabilurrasyad terlalu mahal, 2) masyarakat masih menganggap lulusan SMK tidak bisa melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi, 3) kompetitor lembaga pendidikan yang sudah berpengalaman dalam promosi sekolah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Strategi promosi; Kuantitas Siswa; SMK Sabilurrasyad
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.2 Administrasi sekolah, administrasi pendidikan
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing management (pemasaran, distribusi)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: Putri Ayu Novita
Date Deposited: 10 Oct 2022 08:23
Last Modified: 10 Oct 2022 08:23
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17185

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics