Strategi pemasaran jasa pendidikan dalam menarik minat masyarakat pada Madrasah Ibtidaiyah Gondoriyo Bergas Kabupaten Semarang

Nazillatunni’mah, Nazillatunni’mah (2022) Strategi pemasaran jasa pendidikan dalam menarik minat masyarakat pada Madrasah Ibtidaiyah Gondoriyo Bergas Kabupaten Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1703036110_Nazillatunni'mah] Text (Skripsi_1703036110_Nazillatunni'mah)
Skripsi_1703036110_Nazillatunni'mah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (21MB)

Abstract

Strategi pemasaran jasa pendidikan dibutuhkan untuk menarik minat masyarakat. Pada pelaksanaanya akan mengalami kesulitan untuk mencapai tujuan dari pemasaran jasa pendidikan tersebut bila tidak diiringi dengan pengelolaan atau manajemen yang baik untuk mendukung dan memperlancar proses pemasaran.
Skripsi ini membahas tentang strategi pemasaran jasa pendidikan dalam menarik minat masyarakat di MI Gondoriyo. Kajian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh pemasaran pendidikan yang dilakukan oleh sebuah lembaga pendidikan. Agar sebuah lembaga dapat bersaing dimana pada saat ini banyak lembaga pendidikan baru muncul.
Dengan diadakannya proses penelitian skripsi ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui strategi pemasaran jasa pendidikan dalam menarik minat masyarakat pada madrasah ibtidaiyah gondoriyo. 2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat strategi pemasaran jasa pendidikan dalam menarik minat masyarakat di MI Gondoriyo. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif, untuk jenis penelitian sendiri menggunakan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan: 1) Wawancara, 2) Observasi, 3) Dokumentasi.
Berdasarkan analisis data yang dilakukan maka hasil penelitian ini adalah terdapat 3 jenis pemasaran yaitu pemasaran internal, pemasaran eksternal, dan pemasaran interaktif. 1) Perencanaan : a. Pemasaran Internal, Pemasaran ini bermaksud untuk memuaskan karyawan dengan memperhatikan kebutuhan, keinginan serta harapan, demikian pula juga kesejahteraan warga MI Gondoriyo. b. Pemasaran Eksternal, dalam pemasaran ini MI Gondoriyo memahami kebutuhan dan harapan masyarakat dengan demikian upaya menciptakan program atau jasa pelayanan, sehingga masyarakat dan lembaga pendidikan MI Gondoriyo akan saling menguntungkan. c. Pemasaran Interaktif, dalam pemasaran ini kemampuan dari pihak lembaga untuk berinteraksi dengan sekolah-sekolah lain seperti RA/TK yang berada di Desa Gondoriyo maupun diluar Desa Gondoriyo. 2) Pelaksanaan: a. Pelaksanaan pemasaran internal dilakukan untuk menumbuhkan kepuasan warga madrasah yaitu karyawan dan siswa. b. Pelaksanaan ekstenal lembaga pendidikan MI Gondoriyo menunjukan kepada masyarakat melalui kegiatan-kegiatan diluar madrasah dan bhakti sosial kepada masyarakat. c. Pelaksanaan Interaktif lembaga pendidikan MI Gondoriyo berkunjung kesekolah-sekolah seperti RA/TK dan membina hubungan baik. 3) Evaluasi dilakukan dalam usaha menjamin semua kegiatan terlaksana sesuai dengan kebijaksanaan, strategi, keputusan, rencana, dan program kerja yang telah dianalisis, dirumuskan. Evaluasi dilihat dari tahun pertama ajaran baru setiap tahunnya jadi perkembangan minat siswa atau masyarakat dapat dilihat setiap tahunnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Strategi pemasaran; Jasa pendidikan; Minat masyarakat
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.2 Administrasi sekolah, administrasi pendidikan
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing management (pemasaran, distribusi)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: Putri Ayu Novita
Date Deposited: 10 Oct 2022 08:27
Last Modified: 10 Oct 2022 08:27
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17190

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics