Pengaruh media sosial sebagai alat promosi terhadap minat peserta didik di Madrsasah Aliyah Negeri Kendal

Saputri, Nur Marzydha (2022) Pengaruh media sosial sebagai alat promosi terhadap minat peserta didik di Madrsasah Aliyah Negeri Kendal. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1803036069_Nur_Marzydha_Saputri] Text (Skripsi_1803036069_Nur_Marzydha_Saputri)
Skripsi_1803036069_Nur_Marzydha_Saputri.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Media sosial saat ini sudah menjadi gaya hidup khususnya milenial. Penggunaan media sosial bukan hanya untuk menjalin pertemanan antar individu, dalam bidang marketing suatu organisasi, lembaga atau perusahaan menggunakan sebagai alat menyampaikan informasi kepada masyrakat luas untuk menarik mereka sebagai pelanggannya. Tidak hanya digunakan dalam suatu bisnis atau promosi produk saja namun sekarang lembaga seperti sekolah mereka mulai melirik media sosial sebagai alat untuk mempromosikan sekolah mereka agar menarik peserta didik dan menambah minat serta informasi masyarakat tentang sekolah atau lembaga. Oleh karena itu penelitian ini mengambil rumusan masalah “Berapa besar pengaruh media sosial sebagai alat promosi terhadap minat peserta didik di Madrasah Aliyah Negeri Kendal?”
Penelitian ini dilakukan di Madrasah Aliyah Negeri Kendal yang menjadikan siswa dan siswi madrasah aliyah negeri kendal sebagai responden dalam penelitian ini. Sampel tersebut dimbil secara random (random sampling). Adapun jumlah yang berhasil diambil oleh peniliti adalah 93 sampel responden yang terdiri dari 4 jurusan di Madrasah Aliyah Negeri Kendal.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari variabel media sosial sebagai alat promosi terhadap minat peserta didik sebesar 35.2% dan sisanya 64.8% dipengaruhi faktor lain diluar model. Pada SPSS 26.0 dengan T diperoleh T_hitung sebesar 6.019 > T_tabel 5% 1.662, hal ini berarti media sosial sebagai alat promosi memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat peserta didik di Madrasah Aliyah Negeri Kendal. Dengan demikian hipotesis alternatif diterima dan hipotesis nol ditolak.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Media sosial; Promosi; Minat peserta didik
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.2 Administrasi sekolah, administrasi pendidikan
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing management (pemasaran, distribusi)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: Putri Ayu Novita
Date Deposited: 10 Oct 2022 08:28
Last Modified: 10 Oct 2022 08:28
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17191

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics