Pengaruh e-money, literasi keuangan dan gaya hidup terhadap perilaku konsumtif generasi milenial di Kecamatan Tulis Kabupaten Batang

Mardiyah, Luluk Atul (2022) Pengaruh e-money, literasi keuangan dan gaya hidup terhadap perilaku konsumtif generasi milenial di Kecamatan Tulis Kabupaten Batang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1505026147_Luluk_Atul_Mardiyah] Text (Skripsi_1505026147_Luluk_Atul_Mardiyah)
Skripsi_1505026147_Luluk_Atul_Mardiyah.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh antara e-money, literasi keuangan dan gaya hidup terhadap perilaku konsumtif generasi milenial. E-money berkaitan dengan kemudahan yang membuat sesorang berperilaku konsumtif. Aspek literasi berkaitan dengan kecerdasan seseorang dalam mengelola keuangan pribadinya. Sementara itu gaya hidup berkaitan dengan kegiatan, minat dan pendapat seseorang saat berinteraksi dengan lingkungannya. Gaya hidup seseorang menunjukkan status sosial seseorang di masyarakat. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif, Populasi dalam penelitian ini adalah generasi milenial di Kecamatan Tulis Kabupaten Batang. Dengan sampel penelitian yang berjumlah 99 responden, yang diambil dari rumus Slovin dengan tingkat kesalahan 5% dengan menggunakan data primer dan sekunder. Metode yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan pengolahan data menggunakan program SPSS. Variabel independennya itu variabel e-money, literasi keuangan dan gaya hidup. Sedangkan variabel dependennya adalah perilaku konsumtif. Hasil penelitian ini mengatakan bahwa variabel e-money dan gaya hidup berpengarug positif dan signifikan terhadap perilaku konsumtif generasi milenial. Sedangkan variabel literasi keuangan berpengaruh negatif dan signifikan terhadap perilaku knsumtif generasi milenial. Hasil nilai koefisien determinasi R square berpengaruh sebesar 47,9% yang artinya bahwa variabel e-money, literasi keuangan dan gaya hidup mempengaruhi variabel perilaku konsumtif sebesar 47,9% dan sisanya 52,1% dipengaruhi oleh faktor lain diluar penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: E-money; Literasi Keuangan; Gaya Hidup; Generasi milenial; Perilaku; Konsumtif
Subjects: 300 Social sciences > 305 Social groups > 305.2 Age group
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Chantika Khoirunnisaa
Date Deposited: 10 Oct 2022 08:34
Last Modified: 10 Oct 2022 08:34
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17195

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics